Nggak Boleh Asal, 5 Hal ini Harus Kamu Cermati Saat Memilih Lokasi Rumah!

Siapa sih yang nggak pengen punya rumah sendiri? Bayangan untuk bisa hidup mandiri, nggak melulu bersandar sama orang tua atau dikejar-kejar oleh pemilik kontrakan – pasti rasanya damai banget, ya. Karena itulah banyak dari kita yang lantas menabung untuk bisa membeli rumah.

Namun, mencari rumah itu nyatanya bukan persoalan yang gampang. Seperti mencari jodoh, mencari rumah itu bisa bikin kita pusing karena nggak boleh asal-asalan. Ada banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan saat kita akan memutuskan untuk membeli rumah. Mulai dari pertimbangan biaya hingga pertimbangan lokasi. Iya, lokasi memang menjadi faktor penting yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli rumah. Karena mau rumah semewah apapun, jika lokasinya nggak tepat, bisa jadi malah menjadi beban tambahan bagi kita.

Tapi tenang, nggak perlu pusing. Meskipun susah, tapi mendapatkan rumah yang ideal bukannya nggak mungkin, kok. Yang penting, kamu memiliki pertimbangan matang saat memilih lokasi rumahmu. Kalau kamu nggak tahu hal apa saja yang harus dipikirkan saat memilih lokasi rumah, mungkin bisa kamu mulai dari mempertimbangkan lima hal ini.

1. Perhatikan akses transportasi di sekitar calon rumah, pastikan kalau lokasi rumahmu dapat mendukung aktivitas keseharianmu.

berjarak lima menit dari stasiun kereta!

sumber gambar

Akses transportasi harus menjadi pertimbangan besar buat kamu yang bekerja kantoran atau kamu yang memiliki keluarga. Pasalnya, aktivitas harian kita yang mungkin akan sering dilakukan diluar rumah, menuntut kita untuk memiliki akses transportasi yang terjangkau. Susah juga kan kalau punya rumah yang bagus tapi untuk pergi kemana-mana kita kesulitan karena akses transportasi yang minim. Lebih baik cari rumah yang mudah terjangkau dan bisa mendukung aktivitas harianmu, seperti di Permata Bogor Residence yang cuma berjarak lima menit dari Stasiun Cilebut. Sehingga mau kemanapun kamu, akan mudah. Selain itu, karena stasiun kereta dekat, nggak perlu takut terjebak macet. Tinggal naik KRL, kita sudah bisa kemanapun bebas macet dan tentunya, bisa lebih tepat waktu.

2. Potensi pengembangan lokasi di sekitar rumah untuk jangka waktu panjang juga sangat penting, lho.

Potensi pengembangan juga penting banget

sumber gambar

Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi sarana investasi, lho. Karena itu, sebelum membeli rumah kita harus bisa memperkirakan masa depan dan potensi pengembangan area rumah kita kedepannya. Karena jika area rumah kita memiliki potensi pengembangan yang baik, maka harga rumah kita akan selalu naik seiring dengan berkembangnya area tersebut. Dan siapa tahu, beberapa tahun kedepan harga rumah kita sudah naik berkali lipat, dan kita bisa mendapat untung ketika kita memutuskan untuk menjualnya lagi suatu saat nanti. Menguntungkan sekali ‘kan punya rumah sebagai investasi? Untuk menyiapkannya dari sekarang, kamu bisa cek di sini.

3. Lingkungan bertetangga juga perlu dipertimbangkan, nggak mau ‘kan kalau punya tetangga-tetangga yang kepo banget atau nyinyir?

pastikan juga tetanggamu menyenangkan

sumber gambar

Salah satu hal yang bisa menjadi penentu apakah rumah kita nyaman atau tidak adalah suasana lingkungan bertetangganya. Karena tetangga adalah orang yang paling dekat jaraknya dengan kita, maka mereka memiliki potensi paling besar untuk membuat kita betah di rumah atau tidak. Kalau rumah bagus tapi tetangganya hobi teriak-teriak pakai toa, atau nyetel musik dangdut keras-keras sampai larut malam, siapa yang betah tinggal di rumah? Karena itu, penting banget punya lingkungan tetangga yang nyaman dan solid, karena siapa lagi yang bisa menolong kita saat keadaan darurat kalau bukan tetangga kita?

4. Perhatikan juga potensi bencana di calon lokasi rumah. ‘Kan percuma rumah bagus kalau tiap beberapa bulan selalu terendam banjir.

Hati-hati, jangan pilih rumah di lokasi banjir!

sumber gambar

Nah, yang satu ini nggak boleh banget dilewatkan. Potensi bencana di sekitar rumah harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Memang bencana alam tidak bisa kita hindari, tapi kita selalu bisa meminimalisir kemungkinan kita untuk menderita kerugian akibat bencana alam dengan mencermati potensi bencana di sekitar rumah kita. Salah satunya adalah dengan cara bertanya pada penduduk di sekitar calon rumah terkait bencana-bencana yang pernah terjadi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Apalagi untuk yang hendak membeli rumah di area JABODETABEK, harus banget memastikan rumah yang akan dibeli tidak berlokasi di daerah rawan banjir. Memang area JABODETABEK terkenal sering banjir pada musim hujan, karena itu penting untuk memastikan bahwa lokasi calon rumah bebas dari banjir, seperti di Permata Bogor Residence yang terletak di Jalan Raya Cilebut nomor 25, Cilebut, Bogor, yang berani menjamin daerahnya bebas banjir.

5. Lalu lintas di sekitar rumah juga harus banget kamu pertimbangkan, daripada kamu nantinya stress karena selalu dikepung kemacetan.

Kalau lokasi rumah macet gini, stress juga!

sumber gambar

Macet itu nggak banget, deh! Bukan cuma bikin kita telat datang meeting atau bahkan ketinggalan pesawat, macet juga bisa bikin kita stress saat menghadapinya. Apalagi kalau kemacetan terjadi di area sekitar rumah kita, aduh, bisa-bisa kita semakin malas pulang ke rumah. Karena itu, penting banget untuk memastikan bahwa area rumah kita juga terbebas dari macet, seperti di Permata Bogor Residence. Stasiun kereta dan jalan tol lingkar luar Bogor yang berjarak hanya lima menit dari kawasan Permata Bogor residence dapat memastikan bahwa hari-harimu akan terbebas dari siksaan jalan yang macet.

Nah, kelima hal itu bisa jadi bahan bagi pertimbanganmu saat memilih lokasi rumah. Bukan hanya perkara lingkungan yang asri, aksesibilitas sarana transportasi umum, potensi pengembangan, potensi bencana, lingkungan tetangga, hingga kepadatan lalu lintas harus kamu perhatikan dan jadikan bahan pertimbangan. Kedengarannya memang memusingkan sih, tapi siapa tahu dengan banyak pertimbangan itu kamu jadi bisa mendapatkan kawasan hunian yang ideal seperti di Permata Bogor Residence. Nggak cuma akses transportasi yang sangat mudah dan sangat dekat, Permata Bogor residence juga berani menjamin daerahnya bebas dari kemacetan dan banjir meskipun lokasinya hanya 10 menit dari pusat kota Bogor, sehingga menjadikan Permata Bogor Residence sebagai kawasan huni yang strategis dan juga ideal. Selain itu, demografi penduduk di Permata Bogor Residence yang rata-rata merupakan keluarga muda yang masih sangat solid, membuat lingkungan di Permata Bogor Residence menjadi sangat nyaman bagi kamu yang juga berjiwa muda.

Jadi, udah tahu ‘kan, bagaimana kriteria lokasi rumah idaman? Nggak usah pusing lagi, Permata Bogor Residence menjawab semua kriteria lokasi rumah idamanmu! Yuk, cek di sini!

Inilah 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Rumah Sebelum Usia 30 Tahun

Usia 20an adalah masa emas dimana banyak orang sedang mulai merintis karirnya dan belajar mandiri. Biasanya pekerjaan pertama juga didapatkan pada rentang usia ini. Dengan pekerjaan tetap dan gaji yang lumayan kita bisa membeli berbagai barang yang sudah lama diidam-idamkan. Namun, jangan sampai kenyamanan finansial ini membuat kita terlena dan lupa untuk berinvestasi. Sayang ‘kan kalau selama ini sudah bekerja banting tulang tapi di masa tua kita tidak punya apa-apa karena menunda berinvestasi?

Nah, supaya hidup kita lebih nyaman di masa depan, akan lebih baik jika dari sekarang sudah mulai berinvestasi dalam bentuk rumah. Kalau masih ragu, mungkin beberapa alasan dibawah ini akan semakin menguatkanmu untuk memiliki hunian pribadi sebelum usia 30 tahun.

1. Dengan punya rumah sebelum usia 30an, kamu lebih mudah mendapatkan jodoh

lebih mudah dapat jodoh

Sumber gambar

Kalau di usia 20an kamu sudah punya rumah, calon pasanganmu akan lebih yakin untuk menjalin asmara denganmu. Karena tidak dipungkiri bahwa kemapanan finansial yang ditandai dengan kepemilikan rumah pribadi bisa membuat si dia yakin bahwa kamu adalah pasangan yang cocok untuk memberinya kehidupan yang lebih baik.

2. Calon mertua pasti akan lebih mudah memberi lampu hijau jika kamu sudah punya rumah sendiri sebelum usia 30 tahun.

dapatkan restu mertua

Sumber gambar

Kalau sudah punya rumah, calon mertua akan lebih yakin bahwa anaknya jatuh ke tangan yang tepat. Mereka akan berpikir jika di usia sebelum 30 tahun saja kamu sudah bisa mandiri dan membeli rumah, pasti ke depannya kehidupan rumah tangga anaknya akan lebih sejahtera jika bersama denganmu. Jadi restu calon mertua akan lebih mudah didapatkan.

3. Jaminan kemapanan di hari tua lebih pasti dengan memiliki rumah sendiri di usia 20an

jaminan di hari tua

Sumber gambar

Tak disangkal bahwa rumah adalah salah satu bentuk investasi yang paling menjanjikan. Dengan harga tanah yang selalu naik setiap tahunnya, kita bisa memiliki keuntungan berlipat ganda jika mulai dari sekarang sudah membeli rumah. Lumayan lho jika saat ini membeli rumah dengan harga Rp 200 juta dan 10 tahun tahun lagi jadi Rp 1 milyar. Kita sudah untung banyak tanpa harus bersusah payah.

4. Tidak dipungkiri bahwa orang tua akan bangga jika anaknya sudah punya rumah sendiri di usia muda

Membuat orang tua bangga

Sumber gambar

Orang tua mana yang tidak bangga kalau anaknya sudah bisa mandiri dan membeli rumah sendiri. Apalagi jika kita bisa membeli rumah saat masih berusia muda. Pasti orang tua akan sangat bahagia dan merasa berhasil dalam mendidik anaknya.

5. Dengan punya rumah sendiri, kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan bayar kontrakan

tidak perlu pusing bayar kontrakan

Sumber gambar

Biar nggak perlu pusing bayar kontrakan tiap bulan, membeli rumah bisa menjadi salah satu solusinya. Meskipun masih nyicil, hati menjadi lebih tenang karena tidak perlu khawatir akan digusur dari rumah tersebut. Mungkin jika tabunganmu belum cukup untuk membeli rumah secara tunai, KPR (Kredit Perumahan Rakyat) bisa menjadi solusinya. Dengan DP dan cicilan ringan, kita bisa memiliki rumah sendiri. Nggak percaya? Coba deh cek di sini.

6. Dapat keuntungan nominal cicilan kecil dari bank dan jangka waktu mencicil lebih panjang.

Dapat bunga cicilan lebih rendah

Sumber gambar

Jika sudah mulai beli rumah dari sekarang, kamu akan mendapat keuntungan yang lebih banyak. Beberapa diantaranya adalah nominal cicilan yang diberikan oleh bank lebih kecil dan jangka waktu mencicil lebih panjang. Mengingat bunga kredit biasanya akan naik tiap tahun, kita akan lebih diuntungkan jika membeli rumah di usia muda. Selain itu, jangka waktu mencicil juga akan lebih panjang karena usia produktif kita juga masih panjang. Kalau dipikir-pikir lebih menguntungkan membeli rumah dari sekarang ‘kan?

7. Jika sudah punya rumah sendiri, mengatur perabotan bisa lebih bebas dan sesuai dengan keinginan pribadi

Dapat mengatur perabotan

Sumber gambar

Bayangkan saja bagaimana bahagianya jika kita bisa mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan kita. Nggak akan ada yang mengomentari atau mencela karena itu adalah rumah kita sendiri.

Dari semua alasan yang telah dipaparkan, sudah terbukti bahwa memiliki rumah sebelum usia 30 tahun sangatlah menguntungkan. Apalagi sekarang ada perumahan dengan harga terjangkau yang bisa dimiliki oleh kamu yang punya gaji 9 jutaan. Yup, Permata Bogor Residence yang terletak di Jalan Raya Cilebut nomor 25, Cilebut, Bogor, adalah jawaban buat keinginanmu punya rumah sendiri sebelum usia 30-an. Lokasi perumahan yang bukan merupakan kawasan macet, akses transportasi yang mudah karena dekat dengan Stasiun Cilebut, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya yang ada di kawasan Cilebut membuatmu nggak akan menyesal deh pokoknya! Yuk, cek calon rumahmu idamanmu di sini!