Mau Mengajukan KPR Rumah? Ini 5 Trik Agar Pengajuanmu Diterima!

Perkara membeli rumah bukanlah perkara yang mudah. Mulai dari peliknya menimbang rumah mana yang akan dibeli, yang memiliki penawaran paling baik dan harga yang masih terjangkau oleh kemampuan dompet kita, hingga pusingnya memikirkan skema pembayaran yang paling tepat bagi kita dan kondisi keuangan kita. Salah satu skema pembelian yang biasanya digunakan oleh masyarakat adalah skema KPR di Bank. Skema ini selain terbukti mudah dan menguntungkan karena rumah dapat langsung dipakai meskipun kita masih belum melunasi pembayaran rumah tersebut.

Namun mengajukan KPR juga tidaklah mudah karena tentu saja bank tidak akan sembarangan memberikan kredit kepada orang-orang, mengingat bank harus memastikan bahwa orang tersebut tidak akan mangkir dan dapat melunasi pembayaran rumah yang ia beli. Nah, bagi kamu yang hendak mengajukan KPR, berikut trik-trik yang harus kamu perhatikan agar pengajuan KPRmu diterima!

1. Pastikan pendapatan perbulan mencukupi persyaratan

cek dulu jumlah pendapatan kamu!

sumber gambar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kembali jumlah pendapatan perbulan kita. Untuk mengajukan KPR rumah, bank akan menelaah lebih lanjut mengenai stabilitas pendapatan kita dan jumlah rata-rata yang kita dapatkan perbulannya. Tapi nggak perlu takut meskipun gajimu mungkin belum sampai dua digit, karena di Permata Bogor Residence, perumahan indah dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian ini, gaji 9 jutaan saja sudah cukup untuk mengajukan KPR. Dan gaji 9 juta itu bisa merupakan gabungan pendapatan suami dan istri atau gaji pribadi satu orang saja. Hmm, tidak susah kan untuk mendapatkan rumah di Permata Bogor Residence. Cek di sini deh untuk informasi lebih jelasnya.

2. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari jauh-jauh hari

cari informasi dulu!

sumber gambar

Langkah selanjutnya yang wajib dilakukan sebelum mengajukan KPR rumah adalah mencari informasi dengan selengkap mungkin. Bukan hanya informasi terkait rumah yang akan dibeli, namun juga terkait penawaran KPR dari berbagai bank. Kita harus paham benar dengan berbagai penawaran yang ada agar kita dapat memastikan bahwa penawaran yang kita ambil itu yang terbaik. Selain itu, kamu harus tahu nih syarat-syarat mengajukan KPR di bank, yaitu membawa berkas-berkas ini:

  • KTP suami/istri
  • NPWP suami/istri
  • Kartu Keluarga
  • Buku nikah
  • Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir

3. Pastikan bahwa riwayat keuanganmu baik, seimbang antara hutang dan pendapatan perbulan

Riwayat keuangan pun wajib diperhatikan!

sumber gambar

Nah, salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum melakukan pengajuan KPR adalah memastikan bahwa riwayat keuanganmu baik-baik saja. Karena riwayat keuangan merupakan salah satu hal yang akan paling diperhatikan oleh bank. Jumlah pendapatan dan jumlah hutang yang harus dibayarkan perbulan haruslah seimbang karena hal ini mengindikasikan sehat tidaknya kondisi keuanganmu saat ini. Selain riwayat keuangan, bank juga akan memastikan bahwa sumber pendapatanmu cukup stabil sehingga kamu dapat membayar jumlah cicilan dan bunga perbulannya. Tentu saja kamu juga tidak boleh memiliki tunggakan di bank. Pasalnya, tunggakan di bank bisa membuat pengajuan KPR-mu sulit dikabulkan. Kalaupun disetujui, bisa jadi plafond yang didapatkan juga tidak akan bisa penuh.

4. Persiapkan semua persyaratan dengan baik dan tidak terburu-buru

berkasnya sudah lengkap belum?

sumber gambar

Nah, setelah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan serta memastikan riwayat keuanganmu, hal lain yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan semua dokumen persyaratan dengan lengkap dan baik.  Hal ini harus dilakukan jauh-jauh hari karena mempersiapkan dokumen bukanlah perkara yang mudah dan mungkin harus berurusan dengan banyak pihak. Karena itu, siapkanlah semua dokumen dengan lengkap dan dari beberapa waktu sebelumnya agar tidak terburu-buru dan panik nantinya ya.

6. Saat melakukan pengajuan ke bank, pastikan kamu berpenampilan rapi dan meyakinkan

Pakaian harus rapi dan menarik saat mengajukan KPR!

sumber gambar

Meski riwayat keuanganmu baik dan kamu sudah memiliki sumber pendapatan yang stabil, namun laporan keuanganmu tersebut tidak akan dipercaya oleh pihak bank jika saat pengajuan kamu berpenampilan tidak meyakinkan. Karena itu, perhatikan dengan baik penampilanmu saat melakukan pengajuan. Kenakan kemeja dan bawahan yang rapi untuk menunjukkan bahwa kamu dapat diandalkan secara finansial dan meyakinkan mereka bahwa laporan keuanganmu bukanlah rekayasa semata.

6. Pilihlah bank yang tepat dan sesuai untukmu!

Bank pilihanmu sudah tepat?

sumber gambar

Nah, poin yang paling penting yang harus kamu perhatikan adalah untuk memilih bank yang memiliki penawaran yang tepat untuk kamu dan kondisi keuanganmu. Urusan memilih bank ini penting banget lho, seperti memilih jodoh, nggak bisa sembarangan. Nah, salah satu bank yang memiliki penawaran KPR yang baik dan menguntungkan adalah BTN yang memiliki kerjasama dengan Permata Bogor Residence sehingga membeli rumah di Permata Bogor Residence dengan skema KPR akan lebih mudah dan cepat. Menguntungkan sekali, kan, mendapat rumah impian di Permata Bogor Residence yang memiliki lokasi strategis, dekat dengan berbagai fasilitas umum, terbebas dari kemacetan dan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dalam kawasan huniannya. Sudah begitu, proses pembeliannya pun mudah sekali. Dengan sistem KPR, rumah di Permata Bogor Residence bisa langsung ditempati lho. Terlebih ada keringanan uang DP dan berbagai promo menarik yang bisa kamu dapatkan, cek aja di sini. Nggak perlu ribet, kamu sudah bisa mewujudkan mimpimu untuk punya rumah sendiri di Permata Bogor Residence!

Meski kredit tampaknya menyeramkan karena kita harus berjanji untuk dapat membayar cicilan setiap bulannya selama belasan hingga puluhan tahun ke depan, namun KPR menjadi pilihan yang paling mudah karena kita dapat langsung menempati rumah tersebut meskipun belum dilunasi. Hmm, siapa sih yang nggak mau punya rumah idaman yang berada di lokasi strategis dengan fasilitas lengkap seperti di Permata Bogor Residence? Proses membelinya pun tidak ribet, karena telah dipermudah dengan layanan kerjasama KPR dari berbagai bank dari yang konvensional sampai yang syariah! Tunggu apalagi? Yuk wujudkan mimpimu akan rumah idaman bersama Permata Bogor Residence!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *