Sebelum Memutuskan untuk Menikah, Tanyakan 5 Hal Ini Pada Pasangan

Siapa sih yang tidak ingin menikah? Merasakan asiknya membangun keluarga sendiri bersama seseorang yang kita pilih untuk cintai seumur hidup. Apalagi kini tren menikah di usia muda pun semakin ramai dan membuat banyak orang seperti berlomba-lomba untuk menemukan jodoh dan menikah sesegera mungkin.

Tapi sebenarnya kalau kita mau berpikir lebih dalam dan tidak semata terbawa arus tren, memutuskan untuk menikah itu tidak semudah menjawab “Ya, aku mau menikah denganmu” saja lho. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah agar kehidupan rumah tanggamu dengan pasangan kelak berjalan dengan mulus karena kamu dan pasangan telah dapat mempersiapkan segalanya dari awal pernikahan atau bahkan sebelum masuk ke kehidupan rumah tangga. Nah berikut pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada pasanganmu sebelum kalian memutuskan untuk menikah. Simak, ya!

1. “Sayang, kira-kira dua sampai lima tahun ke depan kamu punya rencana apa?”

Bicarakan visi kalian

sumber gambar

Pertanyaan ini wajib banget kamu tanyakan kepada pasangan, karena kamu harus tahu bagaimana visi pasanganmu dan apakah visi tersebut cocok dengan visi kehidupanmu kelak. Karena saat kamu berumah tangga kelak, masa depanmu akan kamu jalani bersama dengan pasanganmu sehingga kalian harus pastikan bahwa tujuan dan impian kalian sejalan. Kan susah juga kalau kamu punya tujuan menjadi presiden sedangkan pasanganmu ingin jadi instruktur selam yang tinggal di pinggir pantai. Sederhana saja, tanyakan kira-kira apa rencananya dalam dua sampai lima tahun ke depan.

2. “Selain menabung, kamu punya rencana investasi apa sih?”

Investasi rumah itu penting!

sumber gambar

Bukan bermaksud materialistis, tapi kamu perlu tahu sejauh apa persiapan finansial pasanganmu untuk berumah tangga. Bukan berarti bahwa kalau pasanganmu belum punya asset apapun lantas kamu harus meninggalkannya, tapi ada baiknya kalau kamu paham betul kondisi finansialnya sehingga kalian bisa merencanakan segalanya dari awal.

Apalagi soal investasi rumah, karena tentu saja bagi kehidupan rumah tangga, penting sekali untuk memiliki rumah untuk berlindung kamu dan keluarga kecilmu kelak. Nggak mau kan numpang tinggal sama mertua terus atau pusing pindah-pindah kontrakan terus seumur hidup? Makanya akan lebih baik kalau kamu dan pasangan merencanakan mencicil rumah sejak dini. Sebelum menikah misalnya, kalian bisa mulai mencari informasi terkait KPR di sini. Sehingga saat sudah menikah nanti, kalian tinggal mengajukan KPR dan mewujudkan rumah kalian sendiri. Tidak ada ruginya kok mempersiapkan rumahmu sedini mungkin, apalagi di Permata Bogor Residence yang dalam jangka waktu dua tahun saja nilai investasi sudah naik hingga 51%. Menguntungkan banget ‘kan?

3. “Kalau hubungan kamu dengan keluargamu gimana, Sayang?”

Keharmonisan dengan keluarga jadi penentu

sumber gambar

Kalau kamu belum kenal lama dengan pasanganmu, mungkin kamu belum paham betul bagaimana hubungan antara pasanganmu dengan keluarganya. Padahal hubungan ia dengan keluarganya adalah sesuatu yang sedikit banyak dapat menggambarkan kehidupan keluarga kalian kelak, lho. Kalau dia saja jauh dari keluarganya atau sering bersikap kasar pada saudaranya atau orang tuanya, duh hati-hati. Bisa-bisa ia akan bersikap yang sama pada keluarga yang akan kalian bangun bersama kelak. Nggak mau kan? Karena itu kamu harus tahu dengan jelas bagaimana hubungan mereka, baik dengan bertanya langsung maupun dengan mengamati secara langsung.

4. “Setelah menikah nanti, kamu pengen kita punya anak berapa?”

yuk merencanakan jumlah anak!

sumber gambar

Pertanyaan yang satu ini meski sering dianggap nggak penting, tapi sebenarnya penting banget, lho. Iya memang kita nggak tahu akan dikaruniai anak berapa nantinya, tapi seenggaknya kalian harus punya perencanaan bersama dari awal. Karena jumlah anak akan berhubungan langsung dengan pilihan investasi rumah kalian. Punya banyak anak berarti pula bahwa kalian akan memiliki jumlah kebutuhan yang lebih banyak pula.

Karena itu, lebih baik kalian berinvestasi rumah sesegera mungkin, mengingat harga rumah mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kebutuhan saat telah memiliki anak akan jadi begitu banyak. Dan kalian pun harus pintar-pintar dalam memilih investasi rumah yang tepat, seperti di Permata Bogor Residence yang harganya cukup terjangkau tapi memberikan banyak keuntungan, mulai dari lokasinya yang strategis hingga akses transportasi yang sangat mudah. Selain itu, perumahan ini juga child friendly banget lho. Tersedia taman yang luas, playground, dan anak-anak tetangga yang seumuran buat jadi teman anakmu kelak.

5. “Menikah itu harapannya sekali seumur hidup, siapkah kamu melewati susah senang bersamaku nanti?”

sudah siap mental untuk menikah?

sumber gambar

Yang terakhir dan yang paling penting, kamu harus memastikan kesiapan mental pasanganmu untuk menghabiskan seumur hidupnya bersamamu. Harus kita akui, bahwa berumah tangga itu seperti mengarungi lautan dengan kapal yang dinahkodai oleh kamu dan pasanganmu. Dan laut tidak akan selalu tenang dan santai, kamu dan pasanganmu akan menghadapi badai, ombak yang ganas, hingga pusaran air yang kencang. Karena itu, kamu dan pasanganmu butuh kesiapan mental yang matang agar kalian dapat melewati berbagai peristiwa yang akan menghantam kehidupan rumah tangga kalian berdua kelak. Jadi, genggam tangannya, dan tanyakan padanya, “siapkah kamu melewati susah senang bersamaku selama sisa hidupmu nanti?”

Menikah memang bukanlah perkara yang mudah, tapi dengan persiapan yang matang, kalian pasti bisa melewatinya dengan baik. Bukan hanya persiapan pesta pernikahan yang harus kamu dan pasanganmu pikirkan, tapi persiakan juga kehidupan rumah tanggamu kelak. Jadi, jangan tanya apakah dia punya tabungan yang cukup untuk mengadakan pesta pernikahan, lebih baik kamu tanyakan apakah dia memiliki tabungan untuk investasi dengan membeli rumah yang tepat seperti di Permata Bogor Residence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *