Bingung Mau Beli Rumah Atau Mobil Dulu? 7 Hal Ini yang Harus Kamu Pertimbangkan

Saat kita sudah menabung dengan rajin selama bertahun-tahun pasti rasanya puas sekali melihat angka di rekening kita sudah cukup untuk membeli mobil atau rumah, meskipun mungkin hanya untuk memenuhi syarat DP saja. Biasanya, di saat seperti ini kita mulai bimbang, kebutuhan yang mana yang harus didahulukan? Membeli mobil atau rumah?

Apalagi bagi kita yang masih single dan belum ada tanggungan keluarga,  pasti bingung memilih mana yang harus didahulukan, sedangkan hasil tabungan kita belum cukup untuk membeli keduanya. Rumah jelas akan dibutuhkan kelak, terlebih saat kita nanti hendak berkeluarga. Sedangkan mobil mungkin rasanya sudah kita butuhkan sejak sekarang. Tapi benarkah kita butuh memiliki mobil pribadi? Daripada bingung dan tenggelam dalam dilema, berikut 7 pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum mengambil keputusan!

1. Coba perhatikan lagi skala prioritas dan kebutuhan mana yang lebih mendasar, mobil atau rumah?

Tentukan dulu prioritasmu!

sumber gambar

Saat kita harus memilih antara mobil atau rumah, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah mana yang lebih prioritas bagi kita? Mana kebutuhan yang lebih primer? Mobil atau rumah? Di sekolah dulu kita pasti pernah belajar mengenai jenis-jenis kebutuhan, baik kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dan kebutuhan primer merupakan kebutuhan yang paling mendasar dan harus terpenuhi demi kehidupan yang layak. Nah, antara mobil dan rumah, mana nih yang masuk ke dalam kebutuhan primer?

2. Kalau kamu berencana atau bahkan sudah berkeluarga, perhatikan juga mana yang lebih dibutuhkan oleh keluargamu?

Gimana dengan calon keluargamu?

sumber gambar

Kamu tidak akan terus-terusan hidup sendirian saja di dunia ini. Kelak, kamu pasti akan berkeluarga juga. Nah sekarang coba bayangkan, apa yang lebih dibutuhkan oleh keluargamu? Tempat tinggal di mana kalian akan membangun kehidupan bersama, atau kendaraan semata? Jika kamu sudah berkeluarga, pasti sudah tahu dong ya apa yang dibutuhkan oleh keluargamu.

3. Nggak seperti mobil, rumah memiliki nilai investasi yang terus meningkat

Investasi rumah yuk!

sumber gambar

Mobil dan rumah memang sama-sama benda mahal yang mengharuskan kamu mengorbankan hampir seluruh isi tabunganmu. Tapi coba pikirkan lagi, mana yang merupakan investasi menguntungkan untuk masa depanmu? Mobil, meski mahal, tapi nilainya akan terus menurun seiring berjalannya waktu dan pemakaian. Sedangkan rumah justru nilai investasinya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Apalagi jika rumah yang kamu beli berada di Permata Bogor Residence yang nilai investasinya meningkat drastis dari tahun ke tahun. Dalam 2 tahun saja, nilai investasi rumah di Permata Bogor naik hingga 51% lho. Nggak percaya? Cek di sini aja! Yakin deh, rumah merupakan investasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil!

4. Kalau mobil akan selalu diproduksi dan akan selalu ada, rumah impianmu bisa saja ‘hilang’ dibeli orang lain, lho!

Awas! Rumah impianmu keburu dibeli orang lain!

sumber gambar

Mobil dan rumah memang sama-sama diproduksi terus menerus. Akan tetapi tidak seperti mobil, produksi rumah sangat terbatas pada ketersediaan lahan. Apalagi kalau kamu sudah mengidamkan rumah tertentu di lokasi tertentu. Waduh, lebih baik jangan buang-buang waktu lagi, karena bisa saja rumah ‘impian’mu sudah keburu disamber orang lain. Selain itu, jumlah tanah sekarang semakin langka, siapa cepat dia dapat di tempat yang strategis. Kamu nggak mau ‘kan dapat di pilihan sisa, yang lokasinya nggak strategis? Sedangkan kalau kamu punya mobil impian, jangan khawatir karena mobil dapat terus diproduksi dan feature serta model gaya mobil pun akan terus berkembang dari waktu ke waktu, jadi kamu akan selalu dapat memiliki mobil ‘impian’mu.

5. Tinggal mengontrak atau numpang sama orang tua itu nggak enak lho, yakin nggak mau punya rumah sendiri?

Yakin masih mau hidup menumpang?

sumber gambar

Bagi kamu yang belum memiliki tempat tinggal sendiri, ada dua pilihan yang dapat kamu lakukan, yaitu mengontrak tempat tinggal atau menumpang tinggal dengan orang tua atau saudara  lain. Keduanya merupakan pilihan yang nggak enak lho, guys. Kalau menumpang sama orang tua, kehidupan kita jelas jadi tidak bebas dan tidak senyaman jika kita tinggal sendiri. Sedangkan kalau mengontrak, kita juga harus pusing setiap tahun memikirkan bayar kontrakan dan mungkin saja kita jadi harus pindah-pindah kontrakan karena rumah kontrakan kita tidak dapat lagi diperpanjang. Hmm, punya rumah sendiri rasanya memang menjadi pilihan yang paling baik nih.

6. Meski mobil rasanya penting juga untuk dimiliki, tapi sebenarnya ada banyak kok alternatif transportasi lainnya!

Ada kok sarana transportasi lain!

sumber gambar

Memang memiliki mobil itu rasanya sangat penting bagi keseharian kita. Dengan memiliki kendaraan pribadi, kita lebih bebas pergi ke mana-mana dan jam berapa saja. Tapi sebenarnya selain mobil, ada lho alternatif transportasi lain seperti sepeda motor atau angkutan umum lainnya. Karena itu, kebutuhan moda transportasi ini sebenarnya masih bisa banget kamu substitusi dengan moda transportasi lainnya. Apalagi jika tempat tinggal kamu dekat dengan berbagai sarana transportasi umum seperti di Permata Bogor Residence yang dekat dengan stasiun kereta Cilebut dan memiliki akses angkutan umum 24 jam penuh. Dijamin, kamu nggak perlu pusing lagi kalau mau bepergian ke mana-mana!

7. Punya mobil sendiri mungkin akan bisa membuat teman-temanmu berdecak kagum, tapi percayalah, kebanggaan yang didapat nggak akan menjamin kehidupan masa tuamu!

Jaminan hari tua itu penting lho!

sumber gambar

Iya, daripada rumah, mobil memang lebih mudah kamu pamerkan ke teman-temanmu dan mungkin kamu akan mendapat pujian karena sudah sanggup membeli mobil sendiri. Tapi percaya deh, kebanggaan itu hanya sesaat. Sedangkan rumah merupakan investasi yang dapat menjamin kehidupan masa tuamu. Selain sebagai tempat tinggal di hari tua, kamu juga bisa mendapat keuntungan dari menjual rumahmu tersebut ketika kamu sudah memiliki tempat tinggal lain. Kalau sudah punya rumah sendiri, dijamin hari tuamu akan lebih nyaman dan nggak perlu membuatmu merasa gelisah.

Nah, saat 7 hal di atas sudah kamu pertimbangkan dengan baik, sudah jelas kan kalau rumah merupakan prioritas yang lebih penting dibandingkan dengan mobil? Membeli rumah juga bukanlah perkara mudah dan harus kamu upayakan sedini mungkin. Meskipun kini kamu sudah memiliki tabungan yang cukup untuk membeli rumah, masih panjang proses yang harus kamu jalani demi benar-benar dapat tinggal di rumah sendiri. Karena itu, membeli rumah baiknya kamu pikirkan dan usahakan dari sekarang. Nah, mau tahu informasi rumah dengan DP ringan dan aneka promo menarik di Permata Bogor Residence, cek di sini ya!