Gajimu 4 Jutaan? Jangan Minder, Kamu Tetap Bisa Kok Beli Rumah Impian

Membeli rumah di zaman sekarang memang cukup sulit karena harganya semakin melambung tinggi. Apalagi jika rumah tersebut berada di daerah perkotaan. Lahannya yang cukup terbatas membuat harga rumah bisa mencapai nilai yang sangat fantastis.

Dengan gaji pegawai biasa yang hanya Rp 4 juta-an, kadang kita minder untuk bermimpi punya rumah sendiri di daerah yang strategis. Namun, jika menerapkan 6 tips ini, rumah impian tetap bisa dimiliki meski gaji hanya Rp 4 jutaan, lho. Penasaran? Yuk simak tipsnya!

1. Pastikan kamu sudah menikah, sehingga bisa memenuhi persyaratan KPR dengan menggabungkan gajimu dan pasanganmu

Pertama, harus menikah dulu

Sumber

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa punya rumah dengan gaji Rp 4 jutaan adalah menikah. Dengan menikah, kamu dan pasangan bisa membeli rumah idaman yang sudah dimimpikan. Bagaimana bisa? Bukannya dengan menikah kebutuhan semakin bertambah?

Justru jika sudah menikah dan pasanganmu memiliki penghasilan minimal Rp 4 juta juga, kalian bisa mulai mencicil rumah dengan cara KPR. Karena biasanya gaji minimal untuk bisa mengambil KPR adalah gaji suami dan istri jika digabungkan lebih dari Rp 4 juta. Jadi, dengan kalian berdua bersatu, rumah impian akan segera bisa dimiliki.

2. Buat anggaran belanja yang jelas di awal bulan termasuk biaya tidak terduga dan lain-lain

Buat anggaran keuangan yang jelas

Sumber

Tips kedua agar bisa segera memiliki rumah idaman adalah dengan membuat anggaran belanja yang jelas dan cermat. Jangan sampai ada kebutuhan yang belum dianggarkan untuk satu bulan kedepan. Hal ini termasuk biaya tak terduga dan biaya lain-lain. Karena bagaimanapun juga, pasti nanti akan ada kebutuhan mendadak yang bisa membuat rencana keuanganmu berantakan. Maka dari itu, lebih baik dianggarkan di awal bulan agar tidak mengganggu stabilitas keuanganmu.

3. Pastikan kamu selalu tepat waktu bayar cicilan kartu kredit

Pastikan kamu rutin bayar cicilan

Sumber

Memiliki hutang di bank bukanlah masalah bagi konsumen yang ingin mengajukan KPR, asalkan pembayaran cicilan hutang tersebut lancar. Bagi kamu yang memiliki kartu kredit misalnya, tidak akan masalah jika tiap kali tagihan kartu kredit datang, kamu selalu on time membayar cicilannya. Sementara jika kamu tetap rutin membayar tapi selalu telat beberapa hari, maka bank bakal menganggap kamu sebagai konsumen yang “tidak baik”, biasanya konsumen seperti ini akan dikenai status COL 2 atau lebih. Status COL 2 – 3 menandakan kamu dianggap sebagai konsumen yang tidak baik dan biasanya akan mengalami turun plafond ketika mengajukan pinjaman atau bahkan kadang ditolak. Sedangkan untuk status COL 4 – 5 sudah pasti ditolak bank. Nah jika ingin pengajuan kreditmu lancar dan disetujui, pastikan kamu memiliki status COL 1.

4. Cari info tentang perumahan yang menawarkan promo DP ringan dan penawaran menarik

Cari info perumahan yang memberikan DP ringan

Sumber

Hal yang paling penting adalah cari info tentang perumahan yang menawarkan promo DP ringan. Dengan biaya awal yang tidak berat, kamu dan pasangan bisa langsung memiliki rumah dengan gaji masing-masing Rp 4 jutaan. Salah satu perumahan yang menawarkan DP menarik adalah Permata Bogor Residence. Nggak perlu menabung hingga bertahun demi bisa mengumpulkan DP rumah deh pokoknya. Selain DP yang ringan, banyak developer juga  menawarkan promo-promo menarik lainnya, seperti diskon tambahan misalnya. Nah di Permata Bogor Residence sendiri, kamu bisa mendapatkan cicilan bunga KPR yang rendah yaitu bunga KPR 8% FIX/ 3 tahun dan masih banyak penawaran menarik lainnya. Kamu bisa cek info lengkapnya di sini!

5. Jangan tergoda untuk mencicil mobil atau perabotan lainnya

Jangan tergoda membeli mobil atau perabotan lain

Sumber

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda. Memiliki gaji tetap bersama pasangan mungkin membuat kamu menginginkan banyak hal. Pengen punya mobil, gadget, perabotan rumah baru, dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini tersedia banyak pihak yang menawarkan layanan pembelian barang-barang tersebut dengan cara mencicil. Tapi pastikan kamu dan pasangan bisa membulatkan tekad ya. Sebaiknya jangan mengambil cicilan-cicilan lain, sebelum kunci rumah pribadi ada di genggaman tangan. Pasalnya semakin kamu memiliki tanggungan hutang, maka semakin kecil kemungkinan pengajuan KPR untuk rumahmu ditolak.

6. Pilihlah rumah yang nilai investasinya tinggi dan bisa dicicll dengan KPR

Cari yang nilai investasi tinggi dan bisa dicicil kpr

Sumber

Pilihlah rumah yang nilai investasinya tinggi dan bisa dicicil dengan cara KPR. Hal ini bisa memberi keuntungan bagi kamu dan pasangan di kemudian hari karena nilai rumah selalu meningkat setiap tahun. Selain itu, rumah yang bisa dicicil dengan cara KPR juga akan memudahkan kamu untuk memiliki rumah saat ini juga tanpa harus menunggu tabungan mencukupi. Coba bayangkan, kalau harus menunggu sampai tabungan cukup, di umur berapa kamu baru bisa membeli rumah?

Karena itu, mulai sekarang harus mulai mempertimbangkan membeli rumah yang nilai investasinya tinggi dan bisa dicicil dengan KPR seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Dengan nilai investasi yang sudah meningkat 51% dalam waktu dua tahun, sudah bisa membuktikan bahwa perumahan ini sangat menguntungkan. Apalagi rumah di Permata Bogor Residence juga bisa dibeli dengan cara KPR. Enak banget, ‘kan?

 

Nah, berbagai tips itu bisa membantumu untuk segera mewujudkan rumah idaman yang sudah lama diimpikan. Nggak perlu nunggu punya gaji puluhan juta, dengan menggabungkan gajimu dan pasangan, bisa membuat kalian memiliki rumah dengan berbagai cara simpel tadi. Apalagi jika kalian memilih rumah yang menawarkan DP ringan dan bisa dicicil dengan KPR seperti, di Permata Bogor Residence. Rumah idaman pun bisa langsung dimiliki kamu dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *