Biar Nggak Tertipu Investasi Bodong, Ini 5 Jenis Investasi Aman yang Bisa Kamu Lakukan!

 

Bagi kamu yang sudah menginjak dunia kerja dan berpenghasilan, mengatur keuangan jadi hal yang penting untuk dipikirkan. Salah satu bagian dari pengaturan keuangan yang seringkali dilewatkan dan dianggap nggak penting padahal sebenarnya sangat bermanfaat adalah investasi. Selain menabung, investasi adalah salah satu cara untuk memastikan hari esokmu lebih aman.

Tapi investasi nggak boleh sembarang investasi, lho. Karena sekarang ini banyak sekali investasi ‘bodong’, yaitu penipuan berkedok investasi. Biasanya, investasi ‘bodong’ ini akan menawarkan keuntungan yang luar biasa tinggi, namun dengan risiko yang rendah. Siapa coba yang nggak tergiur dengan skema seperti ini? Tapi tetap saja, siapapun yang terjerat investasi ‘bodong’, pasti akan mengalami kerugian yang nggak sedikit. Nah, biar nggak tertipu investasi bodong, lebih baik kamu lakukan 5 jenis investasi aman seperti di bawah ini. Yuk, simak!

1. Investasi emas

Membeli emas bisa jadi opsi

sumber gambar

Salah satu jenis investasi yang paling mudah adalah investasi emas. Karena kita hanya perlu membeli emas dengan jumlah gram sesuai dengan uang yang kita miliki. Dan kalau kita ingin memanfaatkan jenis investasi yang satu ini, kita bisa juga lho mengenakannya. Namun investasi emas juga punya beberapa kekurangan nih. Yang pertama, jika kita membeli emas berbentuk perhiasan, maka jumlah gram emas akan berkurang saat dijual kembali karena dikurangi jumlah berat batu hiasannya. Yang kedua, kenaikan emas pertahunnya nggak begitu tinggi, sedangkan saat menjual emas kembali terdapat pengurangan nilai emas sehingga jika kita tidak menyimpan emas dalam jangka waktu panjang, maka kita justru akan rugi.

2. Investasi saham di Perusahaan Terbuka

Mainan saham seperti Kevin Aprilio? Boleh juga

sumber gambar

Investasi saham memang sangat menggiurkan. Kita bisa mendapat keuntungan besar dari jual-beli saham. Bahkan banyak orang yang bisa jadi tajir melintir berkat bermain saham seperti Kevin Aprilio. Tapi, bermain saham membutuhkan modal yang nggak sedikit. Kira-kira, kita bisa memulai investasi saham dengan dana Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-.

Akan tetapi kita harus jeli melihat potensi perusahaan yang sahamnya kita beli. Kita harus bisa pastikan bahwa perusahaan tersebut akan berkembang lebih besar sehingga akan menguntungkan bagi kita di kemudian hari. Meski mungkin keuntungan yang kita dapatkan bisa jadi sangat tinggi, tapi risiko dari investasi saham juga besar lho. Kalau tiba-tiba perusahaan yang kita investasikan bangkrut, atau mengalami skandal sehingga nilai sahamnya turun, duh, kertas bukti kepemilikan saham kita bisa jadi nggak berharga.

3. Investasi properti

Membeli rumah, investasi untuk keluarga kelak

sumber gambar

Investasi properti berbentuk rumah itu sangat penting bagi kehidupan kita dan jaminan hari tua kita. Dengan investasi properti berupa rumah, kamu nggak cuma membekukan asetmu dalam bentuk rumah, tapi investasi itu juga bisa kamu tinggali dan menjadi atap pelindung bagi keluarga kecilmu kelak. Meski bagi kita yang baru saja menjejaki dunia kerja, investasi properti mungkin terasa ‘berat’, tapi sebenarnya investasi properti ini bisa banget kok kita lakukan. Selama kita tahu berbagai informasi dan promo yang ada di sekitar kita. Belum lagi dengan skema pembayaran KPR dan keringanan DP dari pihak pengembang, seperti di Permata Bogor Residence, investasi properti bukan hal mustahil. Cek di sini deh untuk info lengkapnya!

Tapi kita juga nggak bisa asal investasi properti ya, kita harus cermati properti yang akan kita beli. Jangan sampai kita membeli properti dari perusahaan pengembang yang banyak skandalnya, karena akan berpengaruh lho dengan nilai investasi properti tersebut kedepannya. Jangan sampai nih tertipu iklan properti yang kayaknya heboh, mewah, dan dimana-mana, eh ternyata izin membangun dari pemerintah saja belum dikantongi oleh pengembang. Kan investasi properti kita jadi illegal dan nggak menguntungkan.

4. Reksa Dana

Reksadana juga bisa jadi pilihan

sumber gambar

Reksa dana juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berinvestasi secara berkala. Program ini biasanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan jasa pengatur investasi. Hampir sama seperti saham, dengan membeli produk reksa dana, uang kita akan diputar oleh perusahaan yang nanti sudah dipilihkan oleh penyedia produk reksa dana. Dengan investasi ini pun kita bisa memilih berbagai produk dengan jangka waktu dan tingkat keuntungan yang berbeda. Tapi ingat ya, semakin tinggi keuntungan maka akan semakin besar juga risiko kerugiannya. Dan sama pula seperti saham, kita juga bisa mengalami kerugian karena nilai investasinya naik turun. Sehingga kita harus hati-hati saat menjual, jangan sampai ketika harga sahamnya anjlok.

5. Deposito

Membuka tabungan deposito juga bisa dilakukan

sumber gambar

Deposito adalah bentuk investasi yang paling aman untuk dilakukan karena kita hanya menyimpan uang di bank untuk jangka waktu beberapa tahun. Dengan menyimpan uang tersebut, kita akan mendapatkan bunga secara berkala yang nanti dapat kita ‘cairkan’ setelah jangka waktu deposito berakhir. Tapi sebagaimana yang telah dinyatakan di atas, risiko minim maka keuntungan pun juga minim. Begitu pula dengan deposito, keuntungan yang kita dapatkan tidak akan banyak meskipun tetap lebih banyak dari menabung biasa di bank.

Memang di luar sana ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kita lakukan. Dari yang menawarkan keuntungan besar hingga kecil, dari yang berjangka waktu pendek hingga panjang. Sekarang kembali kepada kita lagi untuk pintar-pintar memilih jenis investasi yang cocok dan menguntungkan bagi kita.

Bagaimanapun, memang cara paling baik untuk berinvestasi adalah dengan jenis investasi yang pasti seperti investasi rumah masa depan. Nggak hanya berinvestasi materi, membeli rumah juga merupakan investasi bagi kehidupan keluargamu dan kenyamanan hari tuamu. Apalagi jika rumah yang kita beli adalah rumah dengan lokasi strategis serta potensial seperti di Permata Bogor Residence, dijamin investasi propertimu akan jadi sangat menguntungkan. Berminat menyiapkan investasi rumah masa depanmu, langsung cek di sini aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *