Dengan Melakukan 7 Cara Ini, Pasti KPR-mu Langsung Disetujui

Salah satu cara agar impian memiliki rumah sendiri bisa tercapai adalah dengan mengajukan KPR ke bank. Selain bisa meringankan dalam pembayaran rumah, KPR juga menjadi solusi bagi pasangan muda yang belum memiliki banyak tabungan.

Namun sayangnya, tidak semua pengajuan akan disetujui oleh bank. Ada beberapa nasabah yang pengajuan KPRnya ditolak karena berbagai alasan. Nah, daripada patah hati karena KPR ditolak, perhatikan dulu hal-hal yang membuat KPRmu disetujui berikut ini.

1. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin dan cermati dengan baik

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin

Sumber

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin. Karena dengan info yang lengkap, kamu bisa segera menyiapkan berbagai berkas yang menjadi syarat pengajuan KPR. Dan jangan lupa untuk cermat dalam mencari info. Jangan sampai ada yang terlewat agar peluang pengajuan KPRmu diterima akan lebih banyak.

2. Pastikan kamu punya NPWP

Pastikan kamu punya NPWP

Sumber

Ini adalah salah satu hal penting yang harus kamu miliki sebelum mengajukan KPR. Bagi yang mau mengajukan kredit ke bank termasuk KPR, kamu harus punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Jadi buat kamu yang belum punya, segeralah mengurus NPWP agar pengajuan kreditmu tidak terhambat.

3. Lakukan perhitungan awal dan pastikan perhitunganmu sesuai dengan ketentuan bank

Lakukan perhitungan awal

Sumber

Sebelum mengajukan ke bank, lebih baik kamu coba untuk melakukan perhitungan awal terlebih dahulu. Seperti plafon yang akan diberikan oleh bank, mekanisme pembayaran, dan cicilan perbulan. Dengan menghitung diawal seperti ini, kamu bisa memperkirakan berapa besar nilai pinjaman yang diberikan oleh bank. Jadi kemungkinan pengajuan KPRmu diterima akan semakin besar.

Misalnya, harga rumah di Perumahan Permata Bogor adalah Rp 380 juta, maka orang yang bisa mengajukan KPR adalah yang memiliki gaji gabungan (suami dan istri ) Rp 8 juta. Karena nantinya bank akan menghitung kemampuan nasabah bisa membayar cicilan perbulan dari pertimbangan ini. Biasanya angsuran yang dibayarkan sebesar 60 persen dari total gaji gabungan. Jadi cicilan perbulannya sekitar Rp 4,7 juta. Gimana? Terjangkau kan? Untuk info lengkap perhitungannya, kamu bisa cek di sini!

4. Pastikan gajimu mencukupi untuk mengajukan KPR

Pastikan gajimu cukup

Sumber

Penting banget nih, kamu harus pastikan bahwa gajimu cukup untuk mengajukan KPR. Karena kalau nominal gajimu saat ini belum mencukupi, maka sampai kapanpun pengajuan KPRmu tidak akan disetujui oleh bank. Maka dari itu, coba cari penghasilan tambahan diluar pekerjaan utama, agar bisa memenuhi syarat penghasilan minimal dari bank. Selain itu pastikan juga penghasilanmu tetap, kontinyu, dan stabil.

5. Selalu mengangkat telepon meski dari nomor tidak dikenal dan kooperatif dalam mengumpulkan berkas

Selalu mengangkat telepon

Sumber

Jangan abaikan telepon dari nomor yang tidak dikenal. Karena bisa jadi itu adalah pihak bank yang ingin mengkonfirmasi data-data yang telah kamu berikan. Selain itu kamu juga harus kooperatif dalam mengumpulkan dokumen. Pastikan berkas dokumen yang diminta oleh bank, dikumpulkan tepat pada waktunya. Hal ini akan sangat membantu untuk pengajuan KPRmu.

Selain itu, pastikan bahwa pihak kantor tempatmu bekerja dapat mendukung proses pengajuan KPR-mu. Pasalnya, nantinya pihak bank akan melakukan verifikasi yang salah satunya adalah menghubungi HRD atau atasanmu. Apabila mereka mendukung pengajuan KPRmu dan dapat menjawab kebutuhan bank dalam proses analisa, maka dijamin KPR-mu akan berhasil.

6. Pastikan cicilan kartu kredit selalu dibayarkan tepat waktu agar namamu tidak berada dalam daftar cekal (blacklist) Bank Indonesia

pastikan kartu kredit dibayarkan tepat waktu

Sumber

Buat kamu yang punya kartu kredit, pastikan selalu tepat waktu dalam membayar tagihan. Karena jika telat dalam membayar, bisa jadi namamu akan masuk ke dalam daftar cekal atau blacklist Bank Indonesia. Hal ini akan membuat pengajuan kreditmu, termasuk KPR tidak akan pernah disetujui. Nggak mau kan KPR tidak disetujui bank cuma karena kamu sering molor bayar tagihannya?

7. Pilih developer rumah yang terpercaya dan sudah bekerjasama dengan bank

Pilih developer rumah terpercaya dan sudah bekerjasama dengan bank

Sumber

Hal yang sering diabaikan padahal sangat penting adalah memilih rumah yang dikelola oleh developer terpercaya dan sudah bekerja sama dengan bank. Jangan sampai asal memilih rumah tanpa mengetahui kredibilitas developer atau pengembang karena bisa jadi itu akan menghambat pengajuan KPRmu.

Karena bank hanya akan menyetujui KPR yang developernya sudah bekerjasama dengan pihak bank, seperti Perumahan Permata Bogor Residence misalnya. Dengan developer yang sudah terpercaya dan ada kerjasama dengan beberapa bank, bisa membuat pengajuan KPRmu diterima. Cek di sini deh kalau kamu mau tahu tentang rumah masa depanmu!

 

Nah, buat kamu yang ada rencana membeli rumah dengan cara KPR, jangan lupa untuk mencermati berbagai tips tersebut. Terutama bagian memiliki penghasilan dan memilih developer yang terpercaya seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Ingin segera punya rumah sendiri? Mau dapat DP ringan dan berbagai promo menarik untuk rumah masa depanmu? Cek informasinya di sini ya!