Abis Terima Bonus Awal Tahun? Jangan Sampai Menguap Begitu Saja. Sisihkan Juga Untuk 6 Hal Berikut Ini

Buat karyawan yang bekerja di perusahan nasional atau multinasional, pasti sudah menunggu-nunggu bonus awal tahun sejak beberapa bulan lalu. Karena biasanya di penghujung sampai awal tahun kemarin, perusahaan akan memberikan bonus tambahan kepada para karyawan sebagai bentuk apresiasi. Jumlahnya yang cukup besar terkadang sering membuat terlena. Bahkan sering bonus tersebut cepat habis untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Nah, daripada bonus awal tahun yang diterima menguap begitu saja, lebih baik sisihkan juga untuk 6 hal ini agar lebih bermanfaat. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Sisihkan bonus awal tahun untuk melunasi hutang yang masih dimiliki

lunasi hutang

Sumber

Hayooo~ Coba deh kamu ingat-ingat lagi. Masih adakah hutang yang sempet terlupa dan ternyata masih belum kamu lunasi seperti bayar tagihan dan cicilan kartu kredit? Jangan sampai deh kamu kelupaan bayar karena nanti ke depannya waktu kamu berencana buat mengajukan pinjaman ke bank, kamu bisa dipersulit lho dalam prosesnya! Makanya, lebih baik kamu segera lunasi sekarang deh. Pasti mau dong hati tenang tanpa hutang~

Sisihkan juga beberapa persen dari total bonus tahunan untuk ditabung

sisihkan buat ditabung

Sumber

Karena dianggap ‘uang tambahan’, terkadang orang lupa untuk menabung. Padahal dengan bonus awal tahun yang nominalnya cukup lumayan, kita sebenarnya bisa menabung lebih banyak dari biasanya. Nggak usah banyak-banyak, cukup sisihkan 30% dari total bonus saja, sudah cukup membuat tabunganmu semakin tebal.

3. Bonus tahunan juga sebaiknya digunakan untuk investasi rumah

investasi rumah di tahun baru

Sumber  

Ini nih yang sering dilupakan oleh orang-orang yang masih muda. Karena merasa belum butuh, mereka justru tidak terpikirkan untuk melakukan investasi rumah. Padahal, kalau sudah mulai investasi dari sekarang, banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan, lho. Salah satunya adalah nilai rumah yang semakin meningkat setiap tahunnya. Bayangkan saja jika kamu sudah beli dari sekarang, maka beberapa tahun kedepan kamu bisa punya rumah dengan nilai yang fantastis.

Karena itu, daripada cuma dipakai buat hura-hura, uang bonus awal tahun sebaiknya digunakan untuk membeli rumah yang bisa dicicil dan nilai investasinya tinggi seperti di Permata Bogor Residence. Dalam waktu 2 tahun saja, kamu bisa lho mendapat kenaikan keuntungan sebesar 51% dengan berinvestasi di perumahan ini. Sebagai contoh, di tahun 2015 rumah dengan type 39/72 harganya sekitar Rp. 296 juta, dan sekarang dengan type yang sama harganya udah mencapai sekitar Rp. 450 juta! Nggak percaya? Cek di sini aja! Dengan nilai investasi semakin naik, kamu akan mendapat keuntungan berlipat-lipat di kemudian hari.

4. Jangan dihabiskan sendirian, gunakan juga uang bonus untuk bahagia bersama keluarga

senang-senang bareng keluarga

Sumber

Meski ini adalah bonus dari hasil kerja kerasmu setahun penuh, nggak ada salahnya kalau uang tersebut kamu gunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga. Karena bagaimanapun juga, keluarga adalah orang yang selalu mendukungmu sampai bisa sukses seperti ini. Berkumpul dan berlibur bersama keluarga juga bisa membuatmu semakin semangat bekerja di tahun depan, lho.

5. Mumpung ada uang tambahan, sisihkan untuk keperluan dana darurat

persiapkan dana darurat

Sumber

Meski belum berkeluarga dan memiliki tanggungan, sebaiknya kamu sudah mulai mengalokasikan dana untuk keperluan darurat sebanyak 6 hingga 10 kali pengeluaran bulanan. Dana ini nantinya bisa digunakan jika suatu saat tiba-tiba kamu sakit, keluar dari pekerjaan, atau perlu mengeluarkan dana berjumlah besar. Semisal saat ini kamu belum memiliki dana tersebut, ada baiknya jika beberapa persen dari bonus awal tahun dialokasikan untuk dana darurat seperti asuransi kesehatan yang hanya dengan membayar sejumlah uang dengan jumlah nggak seberapa, tapi ini penting banget karena bisa membuat dirimu aman.  Agar nantinya kamu tidak kelimpungan jika di masa depan ada sesuatu terjadi.

6. Setelah bekerja setahun penuh, sisihkan juga anggaran untuk mengapresiasi diri sendiri

manjakan dirimu sendiri

Sumber

Nggak ada salahnya kalau kamu memberi reward pada dirimu sendiri. Setelah setahun bekerja keras, kini saatnya kamu menikmati hasilnya. Gunakanlah beberapa persen dari bonus tahunanmu untuk bersenang-senang seperti berlibur, relaksasi, membeli barang yang diimpikan, atau lakukan kegiatan yang membuatmu bahagia. Dan lagi, hal ini bisa membuatmu lebih semangat dalam bekerja dan menghadapi hari di awal tahun ini.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan apa saja yang sebaiknya dilakukan dengan bonus awal tahunmu. Dengan melakukan berbagi hal ini, bonus tahunanmu akan lebih bermanfaat tanpa mengesampingkan unsur kesenangan yang akan kamu rasakan. Dan yang terpenting, jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi buat rumah masa depanmu. Tapi, jangan mudah tergiur iklan yang menawarkan hunian murah saja. Karena banyak loh orang-orang yang “tertipu” karena murahnya. Nah, jangan sampai kamu malah jadi salah satu yang mengeluarkan uang sudah banyak, eh tapi malah rugi nantinya. Makanya, percayakan rumah impianmu pada Permata Bogor Residence. Klik di sini untuk tahu informasi lengkapnya ya!