Ingin Masa Tuamu Lebih Terjamin? Lakukan 7 Langkah Ini Sedari Muda!

“Ah masih muda, ngapain mikirin hari tua, mikirin masa pensiun. Kejauhan! Mending senang-senang dulu selagi bisa!”

Pernah dengar atau bahkan mengucapkan kalimat yang senada dengan kalimat di atas? Kalau iya, coba pikirkan lagi deh, apa iya kita nggak perlu memikirkan hari tua dari sekarang? Padahal kalau kita kini terlalu acuh dan nggak mau mikirin hari tua, bisa-bisa kita akan menjalani masa tersebut dengan sangat tidak bahagia, lho.

Coba ingat-ingat lagi, sudah berapa banyak berita yang beredar tentang para lansia yang hidup dengan kondisi sengsara di rumah yang tidak layak huni? Duh, nggak kehitung lagi deh banyaknya. Meski nggak selalu, tapi bisa saja lho mereka berakhir seperti itu karena kesalahannya sewaktu muda yang enggan memikirkan hari tua, enggan ‘berinvestasi’ untuk masa tuanya kelak. Nah karena itu, yuk kita simak langkah-langkah sederhana di bawah ini, agar masa tua kita lebih terjamin!

1. Rutin berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat

Sehat sampai tua

sumber gambar

Saat muda, kita suka mengesampingkan aspek kesehatan. Badan kita yang sedang berada di titik prima, sering kita lupakan dan tidak kita rawat dengan baik. Olahraga dan gaya hidup sehat hanya jadi tren yang sesekali kita ikuti hanya demi sebuah postingan di akun media sosial. Padahal, kesehatan itu penting banget, lho. Meski sekarang kondisi kita baik-baik saja dan nggak sakit-sakitan, tapi kalau kita nggak merawat tubuh dengan baik, bisa-bisa ketika tua kita dihampiri banyak penyakit. Berdasarkan penelitian dari Northwestern University, mereka yang punya kebiasaan hidup sehat memiliki risiko terkena penyakit jantung yang jauh lebih kecil saat memasuki usia paruh baya. Nah karena itu, yuk mulai terapkan pola hidup sehat sejak sekarang, agar tua esok nggak sakit-sakitan!

2. Membuat tabungan jangka panjang

Menabung harus rajin!

sumber gambar

Menabung itu penting banget, guys. Sayangnya kita sering susah menabung karena godaan belanja terlalu banyak. Apalagi kalau ada diskonan akhir bulan, bisa ludes deh jatah tabungan kita di bulan itu. Karena itu, ada baiknya kita membuka tabungan jangka panjang. Masukkan uang kita ke deposito atau skema tabungan lainnya yang nggak bisa kita tarik selama beberapa tahun. Nantinya, tabungan itu bisa membantu kita saat berinvestasi rumah kelak. Pengen investasi rumah sejak sekarang? Cek informasinya di sini!

3. Mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan itu penting!

sumber gambar

Kamu sudah punya asuransi kesehatan? Kalau belum, segera deh daftarkan. Pasalnya, kita nggak pernah tahu kapan kita akan terkena sakit atau musibah. Dan bisa saja kita tertimpa musibah saat posisi akhir bulan dan dompet udah kering. Saat seperti ini, hanya asuransi kesehatan yang bisa menolong kamu. Apalagi saat kita tua kelak, asuransi kesehatan ini diperlukan banget. Penyakit akan lebih mudah menyerang kita saat kita sudah berusia lanjut. Sehingga asuransi kesehatan akan meringankan beban kita saat tua dengan membantu membayar berbagai biaya pengobatan yang harus ditanggung.

4. Berinvestasi rumah dari muda

Investasi rumah, agar tua nanti tidak luntang lantung

sumber gambar

Jangan pernah anggap remeh hal yang satu ini. Bukan perkara gengsi, berinvestasi rumah sedari muda adalah bentuk pengamanan masa tua yang paling nyata. Pasalnya, rumah adalah kebutuhan dasar yang harus terpenuhi, dan hanya dapat terpenuhi kalau kita berupaya keras di masa produktif kita. Agak sulit kan kalau kita baru berupaya membeli rumah saat tingkat produktivitas sudah menurun. Karena itu, investasi rumah harus dimulai sedini mungkin, agar nggak kelimpungan di masa tua kelak.

Coba bayangkan jika kita tua dan tidak memiliki rumah sendiri. Kita terpaksa harus tinggal menebeng pada anak-anak kita, atau bahkan mengontrak rumah sendiri. Kedua opsi itu sama-sama nggak menyenangkan, guys. Karena itu, yuk mulai investasi rumah sejak sekarang. Sebelum harga rumah semakin melejit tinggi, dan rumah impian kita disamber orang lain. Tapi jangan asal juga ya dalam berinvestasi, pastikan rumah yang kamu beli adalah investasi yang menguntungkan seperti di Permata Bogor Residence yang nilai investasinya saja sudah meningkat 51 persen selama 2 tahun terakhir. Nggak percaya? Cek di sini aja!

5. Melatih keahlian kita di satu bidang tertentu

Belajar keahlian khusus itu penting juga!

sumber gambar

Di hari tua kelak, kita mungkin sudah tidak bisa melakukan berbagai pekerjaan seperti yang kita lakukan sekarang. Apalagi jika pekerjaan kita merupakan pekerjaan fisik. Karena itu, ada baiknya kita melatih kemampuan kita di bidang lain, hingga kita menjadi ahli. Karena keahlian khusus semacam inilah yang akan membuat kita tetap mendapat penghasilan di hari tua. Ketika kita sudah dikenal sebagai ahli dalam satu bidang tertentu, orang-orang akan mendatangi kita untuk keahlian khusus tersebut. Dan kita tetap akan memiliki sumber penghasilan, meski mungkin nggak besar dan nggak tetap. Selain itu, keahlian ini juga bisa bermanfaat untuk mengisi waktu luang saat kita sudah pensiun kelak.

6. Merancang sistem penghasilan berjangka

Jangan tumpuk penghasilan di satu waktu

sumber gambar

Langkah ini baik banget untuk diterapkan dari sekarang. Kita baiknya memiliki sistem penghasilan yang berjangka. Maksudnya, kita memiliki sumber pemasukan yang bisa kita ‘panen’ dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Misal kita sudah punya pekerjaan tetap yang memberi penghasilan bulanan. Nah, kita bisa mencari sumber penghasilan lain yang jangka waktu ‘panen’nya adalah tiap 1 minggu dan tiap beberapa bulan sekali. Kenapa harus begitu? Hal ini akan sangat membantu dalam pengaturan finansial kita, kalau penghasilan kita hanya turun di satu waktu yang sama maka kemungkinan untuk kita menghabiskan uang tersebut akan semakin besar. Sedangkan dengan penghasilan berjangka kita akan lebih dapat mengatur kebutuhan dan lebih bisa berinvestasi untuk masa depan.

7. Membuat perencanaan hari tua dengan matang

Rancang hari tuamu!

sumber gambar

Pada intinya, cara untuk menjamin masa tua kita adalah dengan memiliki perencanaan yang matang. Apa yang akan kita lakukan, dari mana sumber penghasilannya, dan tempat tinggal yang pasti. Meski memang soal umur tidak ada yang tahu, tapi tidak ada salahnya kita membuat perencanaan dan menyiapkan segala sesuatunya sedari muda. Karena kalau kita abaikan, bisa-bisa masa tua kita tidak bahagia. Nah salah satu langkah yang penting adalah memastikan adanya tempat tinggal untuk kita kelak dengan cara berinvestasi rumah sejak sekarang di lokasi yang nyaman dan potensial seperti Permata Bogor Residence.

Yuk, jangan malas menyiapkan hari tua. Demi masa tua yang tenang, damai, dan nyaman. Rencanakan hari tuamu dengan matang, dan buat persiapannya sedari dini. Salah satu yang harus disiapkan sejak sekarang adalah investasi rumah. Karena kepemilikan rumah akan sangat berguna bagi kita, tidak hanya di masa tua tapi juga di saat ini. Kelak saat kita sudah tua dan merasa ingin mencari lokasi tinggal yang lebih tenang, kita pun bisa kembali menjual rumah dan membeli di lokasi lain. Jadi pasti nggak akan rugi kalau kita berinvestasi rumah dari sekarang. Apalagi kalau investasinya di Permata Bogor Residence yang lokasinya strategis dan potensi pengembangan areanya besar. Pasti nggak akan merugikan. Jadi, yuk kita mulai merancang hari tua dari sekarang!