Cara-Cara yang Kadang Orang Nggak Kepikiran, Tapi Bisa Hemat Sampai 2 Jutaan Per Bulan

Kita sadar bahwa menabung adalah hal penting yang harus segera dilakukan demi masa depan . Tapi terkadang, niat ini sulit banget direalisasikan karena gaji masih pas-pasan dan kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Apalagi banyaknya godaan, seperti ajakan teman untuk nonton film di bioskop, nongrong di cafe atau barang diskonan, membuat kita semakin gagal menabung setiap bulannya. Hal ini membuat generasi milenial semakin sulit membeli aset properti sendiri karena gaya hidup yang tinggi. Isu ini juga dibuktikan melalui riset dan analisa salah satu portal karir dan portal properti yang ada di Indonesia.

Namun jangan risau, dengan sedikit usaha, kamu bisa menghemat pengeluaran hingga dua jutaan lho. Dengan menghemat pengeluaran, uang tersebut bisa kamu alokasikan ke tabungan pribadi. Karena berdasarkan penelitian, idealnya kita menabung sebanyak 20-30% dari pendapatan setiap bulannya. Inilah penjelasannya!

1. Membatasi jajan hedon di luar sebanyak dua kali per bulan saja bisa menghemat sampai Rp 200 ribu

Kurangi jajan hedon 2 kali bisa hemat ratusan ribu

Sumber

Buat yang tinggal di kota besar, seringkali kita nggak bisa menghindari jajan hedon seperti makan di restoran atau nongkrong di cafe ternama. Tapi sebenarnya kalau anggaran buat hal ini dikurangi sedikit saja, kita bisa hemat banyak, lho.

Caranya mudah banget, kamu tinggal mengurangi intensitas jajan hedon yang misal biasanya 4 kali sebulan jadi 2 kali saja. Kalau setiap jalan mengeluarkan uang Rp 100 ribu, dengan mengurangi 2 kali jalan bisa hemat sampai Rp 200 ribuan kan.

2. Daripada makan di luar, kamu bisa bawa bekal sendiri ke kantor

Bawa bekal ke kantor bisa hemat sekalian bikin sehat

Sumber

Selain jadi lebih hemat, bawa bekal sendiri ke kantor juga bisa membuatmu lebih pintar memasak, lho. Nggak perlu yang susah-susah kayak rendang atau gulai kambing. Cukup bikin makanan sederhana seperti tumis sayur dan goreng ayam saja udah cukup buat makan siang . Kalau sesuai dengan resep dari ibu atau googling di internet, pasti rasanya enak dan bisa di makan kok.

Selain itu menurut riset, makan bekal sendiri juga terbukti lebih menyehatkan. Karena bahan-bahan dan kandungan gizi dari makanan yang kamu masak lebih terjamin dan terkontrol daripada makan di luar. Selagi masih muda kita juga harus menjaga kesehatan tubuh agar penyakit tidak bersarang di tubuh kita ‘kan.

3. Selain menghindari macet, naik kendaraan umum juga bisa menghemat ongkos

Naik kendaraan umum banyak untungnya lho

Sumber

Naik angkutan umum juga bisa menghemat pengeluaranmu lho. Terlebih jika kamu tinggal di kota besar yang rawan macet. Dengan naik angkutan umum seperti KRL (Kereta Rel Listrik), kamu jadi bisa lebih hemat bensin dan juga nggak akan terjebak macet. Bayangkan, dengan Rp 6 ribu saja kamu bisa sampai di Jakarta jika rumahmu berada di Bogor dengan naik KRL. Bandingkan jika kamu naik mobil akan menghabiskan bensin sekitar 5-6 liter yang berarti kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp 45 ribu.

Apalagi jika lokasi rumahmu dekat dengan stasiun kereta, seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Dari perumahan ini kamu hanya butuh waktu 5 menit saja untuk mencapai stasiun Cilebut. Hal ini membuatmu jadi lebih mudah sampai stasiun dan nggak akan ketinggalan kereta. Enak banget kan? Pengen punya rumah yang akses kemana-mananya mudah, cek di sini deh!

4. Kemana-mana bawa tempat minum sendiri biar nggak tergoda minuman mahal saat kehausan

Bawa botol minum sendiri bisa lebih sehat

Sumber

Dengan membawa tempat minum sendiri, kamu bisa menghemat hingga 100 ribuan, lho. Coba bayangkan jika biasanya kamu menghabiskan 10 ribu untuk membeli minuman saja, kini hanya dengan membawa botol minum sendiri kamu bisa lebih hemat setiap jalan di luar. Selain hemat, juga jadi lebih sehat lho.

5. Saat makan diluar, hindari daging dan pilih makan sayur. Selain lebih murah, sehat juga lho!

Pilih beli sayur saat sedang di luar

Sumber

Makan diluar memang kesannya lebih mahal dibandingkan makan di rumah. Tapi, kalau kamu memilih menu sayur, dijamin pengeluaranmu akan berkurang dan bisa berhemat hingga 30%. Karena biasanya menu sayur seperti capcay atau tumis akan lebih murah dibandingkan ayam atau daging. Selain itu, dengan banyak makan sayur kamu juga bisa jadi lebih sehat lho. Asyik banget kan kalau bisa dapat keuntungan ganda cuma dengan memilih olehan sayur saat makan diluar.

6. Perbanyak jalan kaki apalagi jika rumahmu dekat dengan fasilitas umum. Misal ke mini market.

Jalan kaki menyehatkan dan hemat

Sumber

Selain menyehatkan, jalan kaki juga bisa membuat kantong kita jadi lebih tebal, lho. Kamu bahkan bisa menghemat uang bensin hingga 20% jika memutuskan berjalan kaki untuk sekadar pergi ke mini market atau tempat umum lainnya. Dan bisa tambah hemat lagi  kalau rumahmu dekat dengan fasilitas umum, seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Perumahan ini sangat strategis karena berada dekat dengan keramaian sehingga menghemat ongkos transport bulanan.

Meskipun terdengar sederhana, jika kamu melakukan keenam tips tersebut dengan sungguh-sungguh, dijamin tabungan sampai Rp 2 jutaan bisa tercapai. Apalagi jika tempat tinggalmu berada di lokasi strategis yang dilewati kendaraan umum dan dekat dengan sarana publik, seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Terlebih, perumahan di kawasan Bogor ini menawarkan DP ringan, aneka promo menarik, hingga cicilan bulanan super ringan mulai dari 109 ribu saja lho! Yuk, langsung temukan informasi lengkapnya di sini ya!