5 Kesalahan yang Biasa Cowok Lakukan Dalam Merencanakan Keuangannya. Kamu Jangan Gini Ya!

Menurut sebuah riset yang dilakukan sama sebuah lembaga keuangan asal Australia, Spectrem Group, menyebutkan kalau ternyata cowok lebih buruk menata keuangan dibandingin cewek. Sejumlah alasannya ialah karena kaum hawa lebih punya perasaan waspada daripada cowok sedangkan kaum adam justru punya kepercayaan diri terlalu berlebihan yang membuatnya malah keliru mengambil keputusan dalam hal keuangan.

Mulai soal perencanaan keuangan hingga eksekusinya, cowok biasanya kurang memperhatikan dengan seksama, meskipun sebenarnya ada banyak keuntungan dari perencanaan keuangan yang matang. Apalagi buat kamu yang sudah berkeluarga, anggapan bahwa istri sebagai pengatur keuangan rumah tangga nggak serta merta membuatmu jadi cuek dengan segala perencanaan dan pengaturan keuangan kan? Tapi sayangnya ada beberapa hal yang terlupa dan dianggap nggak penting. Apa aja sih?

1. Dengan alasan setia kawan, para cowok biasanya terlalu gampang meminjami uang ke orang-orang terdekat.

jangan gampang keluarkan uang

Sumber gambar

Sifat setia kawan yang dimiliki cowok memang patut diacungi jempol. Kalau sudah menyangkut soal teman, mereka nggak main-main dan all out menjalin hubungan pertemanan. Tapi nih, terkadang karena alasan setia kawan inilah para cowok juga agak kesulitan menolak permintaan pinjaman dari teman. Uang yang awalnya sudah niat dimasukkan tabungan atau disisihkan untuk keperluan yang telah direncanakan, eh malah berpindah tempat akibat cowok terlalu gampang ngasih pinjaman. Hal ini nih yang kadang bikin keuangan rumah tanggamu juga jadi sedikit tersendat. Makanya, kamu harus benar-benar tau kondisi finansialmu dan sedikit lebih disiplin sama pengaturan keuanganmu.

2. Malas belajar finansial. Padahal pria dengan manajemen keuangan yang rapi adalah dambaan semua wanita.

Jangan malas belajar finansial

Sumber gambar

Masih ada banyak cowok yang sering meremehkan pentingnya belajar finansial bahkan untuk mengatur keuangannya sendiri. Kebanyakan dari mereka justru punya prinsip let it flow, dengan tanpa adanya pengaturan keuangan yang terstruktur, yang alhasil deh nantinya malah jadi keteteran atas kecerobohan dalam pengeluaran uang. Coba deh lebih pahami misalnya memisahkan ATM sesuai dengan kebutuhan, mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rinci, dan lain sebagainya agar kamu jadi pria dengan manajemen keuangan yang rapi dambaan semua wanita.

3. Kalau kamu sebagai lelaki punya rumah, wah kamu bisa jadi idaman semua wanita dan calon mertua!

idaman wanita dan calon mertua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber gambar

Jadi lelaki yang juga sebagai pemimpin keluarga, pastinya kamu juga harus udah memikirkan pemenuhan kebutuhan kamu dan pasanganmu ke depannya dong. Nah, kalau kamu sebagai lelaki sudah punya rumah, kamu pasti otomatis jadi idaman semua wanita dan juga caon mertua.

Selain itu, alangkah baiknya kalau kamu juga mulai memikirkan investasi yang sebenarnya sangat menguntungkan untuk masa depanmu. Banyak cowok yang masih nggak menyadari bahwa investasi di bidang properti adalah hal yang sudah seharusnya mulai kamu rencanakan. Masa’ sih kamu cuma puas dengan tabungan dari gaji dan nggak mau mengembangkan keuanganmu yang lebih menguntungkan lagi? Dengan investasi properti di Permata Bogor Residence misalnya, kamu nggak hanya mempunyai hunian terbaik dengan berbagai fasilitas yang memadai, tapi juga besarnya peluang investasi dengan nilai yang tinggi untuk keuntungan di kemudian hari. Nggak percaya? Cek di sini aja!

4. Hobi cowok emang biasanya nggak murah. Biar uangmu nggak habis cuma buat menggelutinya, sisihkan pendapatanmu  secara disiplin ya.

hobi cowok yang nggak murah

Sumber gambar

Sudah bukan rahasia lagi kalau cowok memang nggak bisa dijauhkan dari hobi, dan kebanyakan hobi kaum adam itu cukup merogoh kocek yang dalam. Sebut aja hobi dalam bidang otomotif, fotografi, game online, dan lain sebagainya. Nah, untuk itu kamu harus sangat jeli dalam mengatur keuanganmu agar nggak selalu habis untuk hobimu saja dan malah membuat pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan rencana masa depanmu terbengkalai. Coba deh kamu batasi maksimal 25% dari pemasukanmu untuk hobi serta lebih disiplin dalam merealisasikan batasan itu.

5. Malu atau segan diskusi sama orang tua atau bahkan financial planner di bank. Padahal harusnya manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya.

diskusi sama finansial planner

Sumber gambar

Mau kamu masih lajang atau sudah menikah, berdiskusi dengan orang tua yang lebih ahli dan berpengalaman dalam mengatur keuangan juga nggak boleh kamu sepelekan. Singkirkan dulu deh malu atau segan minta pendapat dan tips keuangan dari mereka. Atau kalau perlu, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas financial planner yang disediakan oleh bank. Diskusikan target yang akan kamu capai dan bagaimana kondisi finansialmu saat ini. Masukan atau program dari mereka bisa sangat membantumu untuk lebih jago dalam mengatur keuanganmu.

Meski mungkin selama ini nggak terpikirkan dan sering dicuekin, kamu para cowok sebaiknya lebih memperhatikan berbagai hal di atas dalam mengatur keuangan. Dan yang nggak boleh kamu lupakan, memenuhi kebutuhan seperti tempat tinggal sekaligus mendapat keuntungan dari investasi adalah hal yang sangat penting. Untuk masa depan yang lebih tertata dan nyaman, mempunyai hunian dengan nilai investasi yang besar keuntungannya seperti di Permata Bogor Residence adalah pilihan tepat yang harus segera kamu lakukan. Klik di sini untuk informasi lengkapnya ya!