7 Keuntungan Investasi Properti yang Membuatmu Anti Rugi, Tapi Sayangnya Masih Banyak yang Nggak Menyadari

Kalau berbicara tentang investasi, ada berbagai jenis investasi yang dipilih oleh masyarakat, dan salah satunya yang kerap jadi idola yakni investasi properti. Dibandingin sama investasi jenis lain, investasi properti ternyata punya daya tarik istimewa yang membuat orang-orang ikut terjun ke dalamnya. Yup, ini nih berbagai keuntungan yang masih nggak banyak disadari orang tentang investasi properti. Kamu harus tahu manfaat besarnya buat masa depanmu!

1. Dibandingin saham atau emas yang sering mengalami perubahan harga seiring perubahan ekonomi negara, hampir tidak pernah ada kasus harga tanah atau properti malah turun.

Sumber gambar

Perubahan perekonomian suatu negara bisa membawa dampak yang mempengaruhi harga akan jenis investasimu. Tapi, dibandingkan dengan investasi saham atau emas yang cenderung kerap mengalami perubahan harga seiring perubahan ekonomi, investasi dalam bidang properti bisa dibilang memiliki harga yang cukup stabil. Dengan begitu, meski perekonomian sedang naik turun, kamu nggak perlu was-was akan merugi saat perekonomian negara memburuk.

2. Tahun 2018 ini, industri properti mengalami pertumbuhan sekitar 8% dari tahun sebelumnya. Otomatis deh keuntungannya juga makin berlipat ganda tiap tahunnya!

Industri properti itu menguntungkan

Sumber gambar

Nggak heran kalau investasi di bidang properti jadi idola banyak orang. Tiap tahunnya, industri properti nggak pernah surut tapi justru terus meningkat secara luar biasa. Di tahun 2018 ini saja, tercatat bahwa industri properti mengalami pertumbuhan sekitar 8% dari tahun sebelumnya. Maka udah bisa dipastikan dong kalau otomatis keuntungan yang kamu dapat juga makin berlipat ganda. Investasi properti seperti di Permata Bogor Residence memiliki nilai tambah semakin besar dari tahun ke tahun. Hal ini dapat berasal dari pengembangan pembangunan yang nantinya menghasilkan keuntungan seperti capital gain dan cash flow. Capital gain atau kenaikan modal didapat saat kamu menjual dan melakukan penilaian ulang atas properti itu. Sedangkan cash flow bisa jadi passive income kamu, yakni adalah uang cash yang kamu dapatkan bulanan lebih banyak di luar gaji kamu.

3. Keuntungan lain dari investasi properti adalah kamu akan lebih mudah mendapatkan pinjaman atau agunan.

Lebih mudah mendapatkan pinjaman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber gambar

Bisa dibilang, properti adalah agunan atau jaminan yang paling solid. Bagi kamu yang memilih untuk berinvestasi properti, ini bisa digunakan untuk pengajuan pinjaman atau agunan yang keuntungannya adalah kamu akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank. Lewat cara ini, kamu juga bisa berinvestasi lagi ke properti yang lain dan nggak perlu khawatir akan pengembaliannya karena keuntungan yang kamu dapat bisa bikin kamu balik modal.

4. Adanya proteksi terhadap inflasi. Jadi kamu tenang aja, karena nilai properti nggak akan berpengaruh meski nilai mata uang mengalami naik turun.

Proteksi terhadap inflasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber gambar

Nilai mata uang yang naik turun membuat laju lalu lintas perekonomian negara selalu nggak stabil dan terhambat. Dengan investasi di bidang properti, kamu nggak akan memiliki resiko ketika terjadi inflasi terus menerus karena nilai properti nggak akan terlalu terpengaruh meski nilai mata uang naik turun. Nilai investasimu nggak akan tergerus inflasi dan justru akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Siapa sih yang nggak mau punya investasi? Cek di sini deh untuk persiapkan rumah masa depanmu.

5. Investasi properti punya prospek yang cerah. Selain rendah resiko, kamu juga bisa punya passive income dari sewa, kos, atau penjualan.

investasi properti

Sumber gambar

Investasi di bidang properti nggak memiliki resiko sebesar investasi dalam bentuk saham karena pergerakan nilai properti yang nggak sekencang saham. Prospek cerah yang dimiliki oleh investasi properti ini juga bisa mendapatkanmu passive income. Bahkan dari pendapatan sewa, bisa balikin modal kamu pas beli propertinya lho! Nah, makanya kamu harus pintar-pintar beli properti waktu harganya masih murah, jadi lebih menguntungkan!

6. Sambil KPR rumah ke bank, konsumen juga bisa jadi “investor”, bisa oper kredit dan langsung bisa dapat keuntungan yang besar daripada investasi lain.

sambil kpr rumah ke bank

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber gambar

KPR memang jadi salah satu cara paling favorit yang kerap diambil banyak orang buat memiliki rumah idaman. Nah, kalau kamu berinvestasi di bidang properti, sambil menjalani KPR rumah ke bank, kamu juga bisa jadi “investor” lho. Nah makanya mending kamu beli dari developer deh, harganya masih oke banget. Apalagi kalau mereka baru launching dan ada promo-promo menarik tiap bulannya. Nanti kalau sudah dijual dari tangan end user, harganya sudah pasti naik. Harus pintar-pintar nih pilih momen beli properti!

7. Tanah semakin lama semakin mahal, kalau kamu salah satu yang punya, wah beruntung banget! Belum tentu nanti anak cucu kamu mampu beli tanah, mumpung sekarang masih terjangkau, lebih baik investasi dari sekarang!

tanah semakin langka

Sumber gambar

Sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, nggak bisa dipungkiri harga properti seperti tanah semakin lama emang semakin mahal. Kalau kamu salah satu yang punya, kamu bener-bener beruntung banget! Karena belum tentu kan anak cucu kamu nantinya mampu beli tanah karena harganya yang semakin menggila. Bahkan nggak menutup kemungkinan bahwa generasi kita selanjutnya makin kesulitan buat punya tanah di lokasi yang strategis. Jadi mumpung sekarang masih terjangkau, lebih baik kamu segera investasi deh dari sekarang!

Nah, itu tadi sejumlah alasan bahwa investasi properti merupakan investasi yang sangat menguntungkan bagi siapa saja. Coba deh bandingkan, menurut sebuah penelitian tentang kenaikan harga tanah oleh Dhaniel Ilyas untuk tanah-tanah yang termasuk ke dalam lokasi CBD (Central Business District) Jakarta di tahun 1996 aja mencapai Rp. 8 hingga 10 juta/m2. Sedangkan di tahun 2017, menurut Ali Tranghanda selaku Direktur Indonesia Property Watch, harga tanah tertinggi udah mencapai Rp. 77 juta/m2. Dengan kenaikan harga yang signifikan ini, kamu lebih baik beli dari sekarang.

Khususnya di Permata Bogor Residence yang kenaikannya tinggi banget, yakni sekitar 51% dalam 2 tahun. Sebagai contoh hunian dengan typ 39/72 di tahun 2015 seharga sekitar Rp. 296 juta, sedangkan rumah dengan type yang sama di tahun ini udah mencapai Rp. 450 juta lho! Makanya, dijamin deh kamu bakal punya keuntungan yang makin berlipat ganda dalam berinvestasi properti ini. Langsung deh cek di sini!