6 Tips Punya Rumah Sendiri Buat Para Pasangan Muda. Masa’ Sih Kamu Mau Terus-Terusan Tinggal di Rumah Mertua?

Jadi pasangan muda yang baru saja menikah emang memancarkan aura romansa dan kebahagiaan yang menyenangkan. Nah, memutuskan akan tinggal di mana setelah menikah juga jadi hal yang cukup rumit dan harus benar-benar dipertimbangkan untuk para pasangan baru. Sebagian dari mereka tinggal satu rumah dengan mertua, yang kerap jadi momok karena adanya perasaan kurang nyaman tinggal satu atap dengan mertua.

Misalnya aja saat mereka kerap mengomentari apapun yang dilakukan atau dibeli oleh kamu dan pasanganmu, mau kemana dan ngapain aja harus izin lebih dulu, atau bahkan kurang adanya privasi selama proses berrumah tangga. Untuk itu, hidup mandiri bersama pasangan dengan memiliki rumah sendiri merupakan kebutuhan yang cukup urgent dan harus segera direalisasikan. Agar kamu nggak salah langkah dalam membeli rumah idamanmu pertama kali, 6 hal ini yang penting kamu perhatikan.

1. Tetapkan tujuan bersama sebagai langkah awal. Diskusikan rencana dan langkah yang kalian ambil secara spesifik agar lebih semangat merealisasikannya.

Tetapkan tujuan bersama

Sumber

Memutuskan buat hidup mandiri dan membeli rumah sendiri adalah hal penting yang harus kamu dan pasanganmu diskusikan bersama. Jelaskan aspek positif apa aja yang akan keluargamu dapat dengan nggak tinggal di rumah mertua. Bicarakan tentang rencana ini sehingga kalian berdua bisa kompak mengatur dana buat merealisasikannya. Tetapkan tujuan secara spesifik, kayak kapan dana yang udah terkumpul bakal digunakan, mau beli rumah atau apartemen, sampai lewat cara apa kalian membeli hunian yakni cash atau kredit. Tujuan dan perencanaan yang detail serta spesifik bakal membuat kalian berdua makin semangat dalam merealisasikannya secepatnya.

2. Selain cari model rumah idamanmu dan pasangan, lokasi yang strategis dengan kemudahan akses dari manapun juga penting banget.

Lokasi harus strategis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber 

Cari model rumah yang sesuai sama apa yang kamu dan pasanganmu pengen. Apakah kalian mau hunian yang modelnya minimalis ataukah justru yang penuh sama desain dan ornamen rumit di tiap sudutnya. Selain itu, rumah dengan lokasi strategis juga penting banget. Nggak mau kan rumahmu jauh dari manapun dan susah banget aksesnya? Di Permata Bogor Residence kamu nggak bakal deh khawatir sama lokasi dan akses. Lokasinya cuma 5-10 menit dari Kota Bogor, Jalan Padjajaran. Deket banget! Enaknya lagi, angkot selalu lewat di depan perumahan, stasiun kereta cuma 5 menit dari perumahan, dan 5 menit juga kalau mau masuk toll BORR. Strategis banget kan?

3. Perhatikan juga waktu yang pas dalam membeli rumah. Bahkan kamu bisa mengambil rumah pada saat awal launching dan pameran properti buat dapat harga terbaik.

Cek di pameran property

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber 

Jangan asal-asalan, kamu juga harus perhatiin kapan waktu yang pas buat membeli rumah. Biasanya, beli rumah waktu pertama kali launching bakal sangat menguntungkanmu karena harganya pasti lebih miring. Nggak cuma itu, rajin-rajinlah datang ke pameran properti karena biasanya developer kasih penawaran menarik khusus saat pameran diadakan. Di bulan Februari nanti, bakal ada pameran properti yang diselenggarakan sama bank BTN pada 3-11 Februari 2018 di Jakarta Convention Center. Di sana Permata Bogor Residence juga punya penawaran menarik khusus buat pameran ini. Makanya, catat tanggalnya dan jangan lupa datang ya!

4. Sadar dong kalau harga rumah tiap tahunnya pasti naik. Nggak usah nunggu nanti. Lebih baik sadar lebih cepat, daripada terlambat.

Harga rumah akan terus naik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber

Kamu harusnya udah sadar dong kalau tiap tahunnya harga rumah bukannya tambah menurun, tapi yang ada malah makin naik. Makanya, lebih baik kamu sadar lebih cepat daripada terlambat saat harga properti udah pada mahal-mahal semua. Nggak usah nunggu nanti dan malah menunda-nunda. Segeralah membeli rumah nggak cuma dengan fasilitas yang lengkap, tapi juga nilai investasi besar.

5. Jangan gampang tergoda sama harga yang murah, pastikan dulu apakah developer calon rumahmu benar-benar terpercaya.

Jangan gampang tergoda harga murah

Sumber

Kamu sebagai calon pembeli jangan sampai deh gampang tergoda sama harga rumah atau cicilan rumah yang murah banget, tapi kenyataannya malah membuatmu rugi banyak. Terkadang ada sejumlah perumahan yang nawarin cicilan rumahnya “kecil”, tapi kamu harus bener-bener memahami maksud dari cicilan itu apa dan detailnya gimana. Jangan sampai nantinya kamu malah kaget gara-gara ternyata di tahun ke berapa cicilan kamu malah jadi membengkak. Selain itu, kamu harus pastikan dulu apakah developer rumahmu bener-bener udah terpercaya dan punya track record bagus. Daripada awalnya niat pengen irit tapi malah menanggung resiko besar, mending kamu ekstra teliti dulu deh sebelum membeli.

6. Bagi kalian yang mungkin belum punya cukup tabungan, sistem KPR adalah solusinya. Tapi pastikan bahwa bank menawarkan bunga cicilan yang menarik dan kamu juga kooperatif agar mudah pengajuannya.

Ikutan KPR aja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber 

Bagi pasangan yang baru menikah dan pada umumnya belum punya cukup tabungan, membeli rumah lewat sistem KPR adalah solusi terbaiknya. Nah, sebelumnya kamu juga harus pastikan dulu bahwa kamu memilih rumah yang bekerjasama dengan bank yang menawarkan bunga cicilan menarik buat mempermudahkanmu dalam proses pembayaran. Jangan lupa buat kooperatif juga agar mudah pengajuannya, kayak udah membayar semua tagihan dan nggak menunggak cicilan kartu kredit. Yang nggak kalah penting, pastikan banknya cepat mengeluarkan SP3K yaitu Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit. Jadi, kamu nggak terlalu lama nunggu kepastian bank alias nggak jadi korban PHP semata.

Nah, berbagai hal di atas harus benar-benar diperhatikan oleh para pasangan muda khususnya untuk bisa mandiri dengan nggak terus-terusan tinggal di rumah mertua mertua. Makanya, nggak usah ragu dan segeralah membeli rumah idaman dengan lokasi dan fasilitas terbaik sekaligus mempunyai nilai investasi besar di Permata Bogor Residence. Yuk kepoin informasi detailnya di sini!