Sudah Tahu Proses Beli Rumah dari Developer? Ini yang Harus Kamu Tahu, Biar Nggak Gampang Ketipu!

Sekarang banyak orang yang memilih membeli rumah dari developer. Selain prosesnya lebih mudah, pembeli juga diuntungkan karena rumah bisa langsung dihuni. Namun belakangan banyak yang ragu membeli rumah dari developer karena banyaknya pengembang abal-abal. Dengan iming-iming harga yang sangat murah, pembeli jadi dirugikan. Mereka biasanya sudah menjual rumah padahal kepemilikan tanah belum dimiliki 100%. Alhasil pembeli jadi ketar-ketir dibuatnya.

Nah, maka dari itu sebagai pembeli yang cerdas kita harus cermat agar tidak merugi. Dan inilah beberapa trik jitu membeli rumah dari developer.

1. Pastikan reputasi developer baik

Pastikan reputasi pengembang

Sumber

Hal pertama yang paling penting dilakukan adalah cari tahu reputasi developernya. Selidiki dengan saksama bagaimana kinerjanya selama ini dan tanggung jawabnya kepada para pembeli. Jika sudah yakin bahwa developernya memiliki reputasi yang baik, barulah kamu bisa melakukan urusan yang terkait dengan pembelian rumah. Jangan terburu-buru karena jika salah developer, nantinya kamu yang akan rugi.

2. Langsung datangi lokasinya

Langsung datangi lokasinya

Sumber

Agar tidak tertipu, pastikan kamu datang langsung ke lokasi rumah tersebut. Dengan datang langsung ke lokasinya kamu jadi tahu bagaimana kondisi rumah termasuk lingkungan sekitar dan akses menuju rumah tersebut. Nggak mau kan udah beli rumah tapi ternyata lokasinya sangat tidak strategis dan susah dijangkau?

Maka dari itu, saat dapat brosur rumah dan berminat untuk membelinya, kamu coba cek langsung ke lapangan. Apakah rumah itu sudah sesuai dengan kondisi yang kamu inginkan. Misalnya kamu mau membeli rumah di Perumahan Permata Bogor Residence, kamu setidaknya datang sekali ke lokasi tersebut. Kamu bisa langsung melihatnya di Jalan Cilebut Raya No. 25, Cilebut, Bogor.

3. Cari tahu tentang legalitas developer

Cari tahu legalitas developer

Sumber

Selain reputasi, legalitas dari developer juga harus dicari tahu. Karena jika developernya saja belum memiliki legalitas yang jelas, maka bagaimana nasib rumahmu nanti? Jadi pastikan apakah developer tersebut sudah berbadan hukum dan masuk ke dalam anggota Real Estate Indonesia (REI). Hal ini akan memudahkanmu jika ada masalah dengan pengembang nantinya.

 

4. Selidiki kredibilitas developer dengan melihat past projectnya

Selidiki kredibilitas pengembang

Sumber

Pastikan pula kredibilitas pengembang, apakah semua proyek yang dibuatnya sukses dan berhasil dengan baik. Karena bank akan lebih percaya dengan pengembang yang memiliki kredibilitas yang baik. Lihat juga bagaimana cara melayani konsumen dan hubungannya dengan konsumen di proyek terdahulu. Karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana developer mengelola rumah yang akan kamu beli kelak.

Maka dari itu belilah rumah yang developernya sudah terjamin kredibilitasnya, seperti di Permata Bogor Residence. Developer yang mengelolanya, PT Wira Karya Megah sudah bergerak dalam bidang properti selama belasan tahun, sehingga kredibilitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain itu, beberapa proyek yang sudah terlaksana yaitu, Pesona Cilebut 1, Pesona Cilebut 2, Bogor Park, Perumahan Bumi Pertiwi, dan Metro Residence juga membuktikan bahwa mereka adalah developer yang terpercaya.

5. Mengenal proses pembelian rumah dari developer

Kenali proses pembelian rumah

Sumber

Saat akan membeli rumah, jangan hanya percaya dengan marketingnya saja. Kamu juga harus ikut memahami proses pembelian rumah dari developer agar tidak tertipu. Mulai dari proses pemilihan hingga akad jual beli rumah. Karena biasanya pengembang yang terpercaya akan punya timeline tersendiri dalam pembangunan dan penyelesaian rumah tersebut. Dengan tahu prosesnya, kamu jadi bisa mengawal pembangunan rumah tersebut.

 

6. Jangan Lakukan Transaksi Jual Beli Bawah Tangan

Lakukan transaksi aman

Sumber

Saat membeli rumah dari developer, jangan pernah sekali pun melakukan transaksi dibawah tangan atau atas dasar kepercayaan saja. Hal ini sangat beresiko karena kamu jadi tidak punya bukti pembelian rumah tersebut. Maka dari itu, saat kamu sudah bertransaksi dengan developer, mintalah bukti transaksi atas nama PT agar lebih aman.

Semisal kamu membayar uang transaksi properti dengan cara transfer bank, pastikan nomor rekeningnya juga atas nama PT tersebut. Jangan sampai mengirim ke rekening atas nama pribadi karena banyak kasus marketing nakal yang membawa pergi uang konsumen. Dari pada rugi dan tidak dapat apa-apa, kamu harus pastikan transaksinya jelas dan legal.

 

Jangan terburu-buru saat membeli rumah, karena itu adalah investasi jangka panjang yang nilainya besar. Dengan beberapa trik diatas, kamu jadi bisa lebih yakin saat membeli rumah dari developer. Terutama jika sudah memastikan kredibilitas dan lokasi rumah, seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Selain itu, Permata Bogor Residence punya banyak promo menarik hingga cicilan yang hanya 109 ribu saja lho. Cek di sini untuk informasi lengkapnya ya. Kamu bisa juga lho datang langsung ke pameran properti yang diselenggarakan pada 3-11 Februari 2018 di Jakarta Convention Center. Banyak penawaran menarik khusus buat kamu yang datang ke pameran ini. Catat tanggalnya dan jangan lupa datang ya!