Nggak Perlu Pusing, Terapkan Strategi Ini Agar Bisa Membeli Rumah Dalam Setahun!

Membeli rumah memang menjadi impian bagi setiap orang. Gimana nggak,  rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Sayangnya, membeli rumah itu nggak semudah membeli kacang goreng. Apalagi bagi kita yang baru saja memasuki dunia kerja, dengan gaji yang belum sampai dua digit.

Duh, membeli rumah terasa seperti impian yang jauh dan sukar direalisasi. Padahal, kita bisa lho membeli rumah hanya dalam waktu satu tahun. Nggak percaya? Yuk coba simak langkah-langkah di bawah ini!

1. Cek dulu kesehatan finansial kita dan status kredit kita

Finansialmu sehat?

sumber gambar

Langkah pertama, kita harus tahu dulu apakah keadaan finansial kita tergolong sehat, atau mengkhawatirkan. Caranya adalah dengan mengeceknya ke Bank Indonesia, bagaimana status kredit kita. Apakah kita memiliki kredit macet, dan apakah jumlah tanggungan kita proporsional dengan jumlah pendapatan kita. Hati-hati, kredit macet akan menyulitkan permohonan KPR kita kelak. Maka, langkah pertama adalah mengecek kesehatan finansial dan selesaikan berbagai kredit macet yang kita miliki.

2. Mulai menabung DP rumah terlebih dahulu

Mulai menabung untuk DP rumah!

sumber gambar

Jika ingin membeli rumah sendiri, kita harus memiliki komitmen yang tinggi untuk menabung setiap bulannya. Idealnya, kita dapat menyisihkan 20 persen gaji kita untuk ditabung. Jika ada sisa dari anggaran sehari-hari kita, jangan dihamburkan di akhir bulan. Lebih baik kita masukkan ke tabungan untuk membayar DP rumah impian.

Kalau kamu mau membeli rumah di bawah ukuran 70 m2, umumnya kamu harus membayar DP 10% dari harga rumah. Jangan lupa juga sisihkan uang untuk pelunasan “sisa DP” supaya palfond kredit yang kamu ajukan nggak turun. Jika sudah terkumpul cukup uang untuk membayar DP rumah, kita dapat langsung melanjutkan ke proses booking rumah impian dan akad kredit hanya dalam waktu 2 sampai 3 bulan, lho. Cepat kan? Makanya yuk mulai nabung dulu agar lekas mendapatkan rumah impian!

3. Mulai banyak-banyak mengumpulkan informasi terkait rumah impian kita

Riset dulu sampai matang!

sumber gambar

Selain butuh komitmen tinggi untuk menabung, membeli rumah pun juga butuh komitmen tinggi untuk nggak malas cari informasi terkait rumah impian kita. Iya, kita harus tahu seluk beluk, kekurangan, kelebihan, dan potensi di sekitar rumah impian kita. Kecuali jika rumah yang akan kita beli berada di Permata Bogor Residence. Karena sudah pasti nyaman sebagai hunian dan potensial dengan nilai investasi yang terus meningkat. Nggak perlu ribet keliling cari informasi lagi deh, kamu bisa cek promonya di sini!

4. Riset terkait bank dan program KPR yang ditawarkan

Cari dulu bank yang sesuai!

sumber gambar

Nggak hanya mencari informasi terkait si calon rumah, kita juga harus mencari informasi tentang program KPR dari bank-bank yang tersedia. Carilah bank yang menawarkan suku bunga rendah dan berbagai promo menarik. Selain itu, beberapa developer telah memiliki kerjasama khusus dengan pihak bank. Coba deh pelajari bank-bank yang bekerjasama dengan developer rumah impian kamu, baik bank syariah maupun konvensional. Biasanya, kerjasama ini akan menawarkan kemudahan proses dan berbagai keuntungan menarik lainnya. Jadi, jangan dilewatkan, ya.

5. Hubungi developer, cari tahu mengenai promo yang ditawarkan agar kamu mendapatkan best deal!

Jangan malas hubungi developer!

sumber gambar

Jika kamu sudah menemukan rumah yang sekiranya cocok dengan kebutuhanmu dan keinginanmu, kamu harus rajin menghubungi developernya untuk mengetahui berbagai promo menarik yang ditawarkan. Biasanya, developer memiliki promo-promo khusus di waktu-waktu tertentu yang bisa kamu manfaatkan. Sebagai contoh, di Permata Bogor Residence terdapat program keringanan DP dan promo menarik* di momen-momen spesial. Maka, jangan malas menghubungi developer rumah impianmu, ya!

(*) syarat dan ketentuan berlaku

6. Jika tabungan sudah cukup untuk DP rumah impian, segera ajukan KPR!

Tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan KPR!

sumber gambar

Tabungan DP sudah cukup, riset KPR dan rumah impian juga sudah, lalu apalagi? Tentunya kini kita sudah siap untuk segera ajukan KPR ke bank pilihanmu! Siapkan mental, baca-baca lagi mengenai tips dan trik pengajuan KPR, lalu segera ajukan. Jangan terlalu lama, nanti rumah impianmu ditikung oleh pembeli lain yang lebih gercep. Nggak perlu ragu lagi, dengan riset yang mumpuni dan kondisi finansial yang sehat, kamu pasti bisa mendapatkan rumah impianmu dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan. Yuk, segera ke bank!

Nah, membeli rumah dalam waktu setahun sangat mungkin kan? Nggak sesulit yang kita pikirkan, kan? Hal yang paling penting yang harus kita cermati adalah pilihan rumah kita. Harus yang terjangkau, nyaman, sesuai dengan kebutuhan kita, dan merupakan investasi yang potensial seperti di Permata Bogor Residence. Kamu bisa lho dapatkan keringanan DP dan promo menarik*, bahkan ada cicilan mulai 109 ribu saja. Langsung cek di sini ya untuk info lengkapnya.