Biar Nggak Kudet, Baca Dulu Nih 7 Hal yang Sering Ditanyakan oleh Pembeli Rumah Pemula Ini

Pengalaman membeli rumah pertama kali merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Terlebih jika itu adalah rumah yang sudah lama kita idam-idamkan. Namun terkadang, karena ini adalah pengalaman pertama, ada beberapa hal yang belum diketahui. Hal ini tentu membuat kita banyak bertanya kepada penjual.

Nah, daripada kurang update atau “kudet” dan kebanyakan tanya, lebih baik cari tahu dulu tentang beberapa hal yang biasanya ditanyakan oleh pembeli rumah pemula berikut ini.

Continue reading

6 Biaya KPR Ini Sering Terlupakan oleh Pemula, Padahal Penting Banget, Lho!

Membeli rumah dengan cara KPR adalah salah satu jalan alternatif yang paling banyak dipilih orang-orang saat ini. Meski terdapat berbagai keringanan yang ditawarkan, tapi terkadang kita sering lupa untuk menyiapkan biaya KPR yang nominalnya cukup banyak. Nah, biar nggak kaget, cek dulu nih beberapa biaya KPR yang harus dibayarkan saat membeli rumah berikut ini.

Continue reading

Sudah Tahu Proses Beli Rumah dari Developer? Ini yang Harus Kamu Tahu, Biar Nggak Gampang Ketipu!

Sekarang banyak orang yang memilih membeli rumah dari developer. Selain prosesnya lebih mudah, pembeli juga diuntungkan karena rumah bisa langsung dihuni. Namun belakangan banyak yang ragu membeli rumah dari developer karena banyaknya pengembang abal-abal. Dengan iming-iming harga yang sangat murah, pembeli jadi dirugikan. Mereka biasanya sudah menjual rumah padahal kepemilikan tanah belum dimiliki 100%. Alhasil pembeli jadi ketar-ketir dibuatnya.

Nah, maka dari itu sebagai pembeli yang cerdas kita harus cermat agar tidak merugi. Dan inilah beberapa trik jitu membeli rumah dari developer.

Continue reading

Sebelum Beli Rumah, Pahami Dulu 8 Istilah yang Sering Disebut Bank Ini Biar Kamu Jadi Customer yang Cerdas!

Kredit Pemilikan Rumah atau yang lebih familiar disebut KPR adalah salah satu cara alternatif bagi orang yang ingin memiliki rumah sendiri tapi anggaran terbatas. Dengan dibantu oleh pihak Bank kita jadi lebih mudah untuk punya rumah sendiri tanpa menunggu tabungan mencukupi. Tak heran jika sistem yang sangat menguntungkan ini digunakan oleh banyak orang untuk mewujudkan rumah impian.

Continue reading

Cara-Cara yang Kadang Orang Nggak Kepikiran, Tapi Bisa Hemat Sampai 2 Jutaan Per Bulan

Kita sadar bahwa menabung adalah hal penting yang harus segera dilakukan demi masa depan . Tapi terkadang, niat ini sulit banget direalisasikan karena gaji masih pas-pasan dan kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Apalagi banyaknya godaan, seperti ajakan teman untuk nonton film di bioskop, nongrong di cafe atau barang diskonan, membuat kita semakin gagal menabung setiap bulannya. Hal ini membuat generasi milenial semakin sulit membeli aset properti sendiri karena gaya hidup yang tinggi. Isu ini juga dibuktikan melalui riset dan analisa salah satu portal karir dan portal properti yang ada di Indonesia.

Continue reading

Abis Terima Bonus Awal Tahun? Jangan Sampai Menguap Begitu Saja. Sisihkan Juga Untuk 6 Hal Berikut Ini

Buat karyawan yang bekerja di perusahan nasional atau multinasional, pasti sudah menunggu-nunggu bonus awal tahun sejak beberapa bulan lalu. Karena biasanya di penghujung sampai awal tahun kemarin, perusahaan akan memberikan bonus tambahan kepada para karyawan sebagai bentuk apresiasi. Jumlahnya yang cukup besar terkadang sering membuat terlena. Bahkan sering bonus tersebut cepat habis untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Nah, daripada bonus awal tahun yang diterima menguap begitu saja, lebih baik sisihkan juga untuk 6 hal ini agar lebih bermanfaat. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Continue reading

Dengan Melakukan 7 Cara Ini, Pasti KPR-mu Langsung Disetujui

Salah satu cara agar impian memiliki rumah sendiri bisa tercapai adalah dengan mengajukan KPR ke bank. Selain bisa meringankan dalam pembayaran rumah, KPR juga menjadi solusi bagi pasangan muda yang belum memiliki banyak tabungan.

Namun sayangnya, tidak semua pengajuan akan disetujui oleh bank. Ada beberapa nasabah yang pengajuan KPRnya ditolak karena berbagai alasan. Nah, daripada patah hati karena KPR ditolak, perhatikan dulu hal-hal yang membuat KPRmu disetujui berikut ini.

Continue reading

Di Usia 30-an, Inilah 6 Hal Penting yang Harus Kamu Pikirkan

Usia 30-an adalah umur dimana kita dipandang sebagai individu yang sudah lebih ‘matang’ oleh masyarakat. Hal ini membuat tuntutan hidup jadi semakin banyak dan terkadang membuat seseorang jadi terbebani. Selain itu, banyak hal penting juga yang harus kamu pikirkan saat berada di usia ini. Mulai dari pekerjaan, pasangan, hingga kemapanan hidup di hari tua.

Nah, sebelum kamu salah langkah dalam mengambil keputusan penting dalam hidup, pertimbangkan 6 hal yang harus kamu pikirkan dalam usia ini. Yuk simak penjelasannya!

1. Pikirkan untuk mencari pekerjaan yang mapan dan bisa dijadikan pegangan saat sudah mulai tua nanti

Sudah harus punya pekerjaan yang mapan

Sumber

Bebeda dengan usia 20-an yang masih sering bergonta-ganti pekerjaan, saat umur menginjak 30-an, kamu sudah seharusnya punya pekerjaan yang lebih mapan. Karena di usia ini kamu akan mendapati berbagai tuntutan hidup yang lebih banyak dan kompleks dari sebelumnya. Sehingga dengan pekerjaan tetap dan lebih mapan, kamu jadi bisa menatap hari dengan lebih mudah.

2. Mulai pikirkan juga untuk membuat rencana tabungan jangka panjang atau membuat deposito

Buat rencana tabungan jangka panjang

Sumber

Di usia ini, kamu sudah harus memikirkan tentang tabungan jangka panjang yang bisa kamu gunakan di hari tua nanti. Jangan sampai gajimu habis terus seperti yang sebelumnya. Karena nanti, tanggung jawab dan pengeluaranmu semakin besar setelah punya pasangan dan anak. Jadi, mumpung masih muda, sisihkanlah beberapa persen dari gajimu untuk berinvestasi jangka panjang demi masa depan.

3. Pikirkan untuk mencicil KPR rumah sesegera mungkin untuk investasi masa depan

Pikirkan rencana KPR rumah

Sumber

Pikirkan juga untuk mulai mencicil KPR rumah sesegera mungkin. Karena bagaimanapun juga, lahan untuk rumah sudah semakin menipis mengingat jumlah manusia yang semakin bertambah. Nah, daripada bingung nantinya mau tinggal dimana, lebih baik dari sekarang kamu sudah mulai mencicil rumah untuk keluarga kecilmu kelak.

Selain itu, rumah ini juga bisa dijadikan investasi masa depan yang sangat menjanjikan, lho. Nilainya yang semakin bertambah, bisa membuatmu meraup untung berlipat di kemudian hari. Dengan catatan, kamu memilih rumah yang nilai investasinya tinggi, seperti di Permata Bogor Residence, misalnya. Nilai investasi yang selalu meningkat setiap tahunnya, membuat kamu mendapat keuntungan berlipat ganda. Memilih rumah di Permata Bogor Residence yang dalam waktu 2 tahun saja kenaikan investasinya mencapai 51% pastinya menguntungkan banget. Cek di sini deh untuk info lebih jelasnya.

4. Mulai dari sekarang kamu juga harus sudah memikirkan tentang pendamping hidup yang bisa diajak serius ke pelaminan

Cari pendamping hidup yang mapan

Sumber

Di usia ini sudah bukan masanya kamu bermain-main dengan cinta. Apalagi mencari pacar hanya karena cantik atau ganteng. Hal tersebut sudah harus kamu tinggalkan, karena di usia ini saatnya kamu mencari pendamping hidup yang bisa diajak serius ke pelaminan. Jangan sampai kamu terlena dan menyia-nyiakan waktu yang terus berjalan.

5. Selain tentang masa depan pribadi, pikirkan pula untuk merawat orang tua yang semakin renta

Jangan lupa untuk merawat orang tua

Sumber

Ada satu hal yang harus diingat, saat kamu beranjak dewasa, usia orang tuamu juga semakin bertambah tua. Jangan sampai ambisimu untuk meraih mimpi membuat kamu lalai dengan keadaan mereka. Luangkanlah waktu diantara kesibukanmu untuk sekedar menyapa dan menanyakan kabarnya. Karena jika waktunya sudah habis, kamu tidak akan bisa melihat mereka lagi. Jadi, jangan sampai kamu menyesal karena tidak melakukan apa-apa untuk orang tua yang sudah membesarkanmu selama ini.

6. Pikirkan juga lokasi dimana kamu akan tinggal nantinya

Pilih lokasi tempat tinggal

Sumber

Lokasi tempat tinggalmu juga harus dipikirkan mulai dari sekarang. Jangan sampai karena tergiur harga murah, kamu jadi sembarangan membeli rumah di daerah terpencil yang jauh dari mana-mana. Karena nantinya itu akan merepotkanmu saat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Selain itu, kamu juga harus memikirkan pasangan dan buah hatimu nanti. Sebaiknya, pilih rumah yang letaknya strategis, salah satunya dekat dengan sekolah. Pilih juga rumah yang punya lingkungan nyaman karena hal itu akan sangat baik untuk perkembangan anak-anakmu nanti.

Maka dari itu, pilihlah rumah yang lokasinya strategis seperti di Permata Bogor Residence. Kamu cukup menempuh waktu 5 menit ke Stasiun Cilebut, 5 menit ke tol BORR, 10 menit ke pusat Kota Bogor, dan dilalui oleh transportasi umum selama 24 jam. Strategis banget ‘kan? Coba deh cari tahu informasi promo dan diskon menarik di sini!

 

Usia 30-an memang akan terasa lebih menantang dan berliku. Agar hidupmu lebih nyaman nantinya, jangan lupa pastikan bahwa kamu sudah memikirkan berbagai hal tersebut. Terutama tentang mencicil dan menentukan lokasi rumah yang akan kamu tinggali, seperti di Permata Bogor Residence.

 

Menjalin Hubungan Jarak Jauh? Nggak Usah Risau, Ternyata Ada 6 Keuntungan Ini Saat LDR

Terkadang hubungan jarak jauh jadi momok tersendiri bagi setiap pasangan. Bayangan tentang kesepian dan kesendirian yang akan dialami membuat mereka takut menjalani hubungan yang seperti ini. Terlebih dengan berbagai stereotip yang mengatakan bahwa hubungan jarak jauh tidak akan berhasil. Kita jadi semakin was-was dengan nasib hubungan jarak jauh yang sedang dijalani.

Tapi ternyata, dibalik semua kerisauan itu, ada berbagai keuntungan yang bisa kamu rasakan kalau menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan. Nggak melulu galau dan baper saat melihat pasangan lain, kamu justru mendapat berbagai kenikmatan yang tidak terduga.

1. Jarak yang terbentang membuatmu lebih dewasa dalam memandang hidup

 

Jarak akan membuatmu lebih dewasa

Sumber

Jarak antara kamu dan dia terkadang membuat hubungan jadi terlihat lebih sulit. Masalah komunikasi yang sering terjadi juga menyulitkanmu mengetahui kabar pasangan yang berada jauh disana. Terkadang hal ini membuat hati ini terasa lelah saat menjalani hubungan jarak jauh.

Tapi percayalah, dengan jarak yang terbentang diantara kalian, kamu akan lebih dewasa dan bijak dalam memandang kehidupan. Kamu juga akan terlatih dalam menghadapi berbagai masalah yang menimpa. Saat ada halangan menghadang, kamu pun nggak akan cepat mengeluh dan menggerutu.

2. Kamu yang biasanya manja saat bersama pasangan, sekarang jadi bisa lebih mandiri dalam melakukan berbagai hal

Kamu akan lebih mandiri tanpa pasangan didekatmu

Sumber

Kamu yang biasanya apa-apa sama si dia, sekarang terpaksa harus belajar mandiri tanpa bantuan kekasih. Meskipun awalnya terasa berat, tapi skill ini nantinya akan sangat berguna buat kamu, lho. Saat akhirnya menikah dan jadi seorang istri, kamu sudah terlatih melakukan pekerjaan rumah dan mengurus semuanya sendiri.

3. Kamu akan lebih fokus mengelola keuanganmu yang biasanya habis untuk bersenang-senang bareng pasangan

Mengelola keuangan jadi lebih baik

Sumber

Saat pacaran, kadang kamu nggak sadar kalau uangmu cepat habis ketika sedang bersama kekasih. Apalagi kalau kamu sering jalan bareng ke mall, kulineran, atau sekedar jalan di taman, dijamin uangmu bakal cepat ludes untuk hal-hal yang tidak kasat mata. Meskipun kadang uang yang dikeluarkan tidak banyak, tapi kalau sering kan lumayan juga tuh nominalnya. Nah, dengan LDR-an gini kamu jadi bisa lebih fokus mengatur pengeluaran. Jika biasanya kamu nggak pernah mengelompokkan uang untuk makan, jalan-jalan, dan tabungan, kini kamu mulai bisa fokus membuat rencana keuangan bulanan.

Dengan rencana yang rapi, kamu bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan. Selain itu, tabungan yang sudah terkumpul bisa juga untuk mendaftar dan membayar cicilan pertama di Perumahan Permata Bogor, misalnya. Kan lumayan kalau nanti pasanganmu pulang dan siap untuk menikah, kalian sudah punya tabungan rumah yang siap ditinggali bersama keluarga kecilmu kelak.

4. Hubungan jarak jauh bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih sabar

Kamu jadi lebih sabar

Sumber

Secara nggak langsung, kamu akan jadi lebih sabar saat menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan. Sinyal yang sering hilang, suara yang putus-putus, atau doi yang sibuk kerja akan membuatmu lebih terlatih untuk sabar dan menerima keadaan. Apalagi kalau tiba-tiba jadwal ketemu jadi mundur karena alasan tidak terduga, kamu harus benar-benar sabar menerima keadaan itu.

5. Kalau lagi bosan dengan kota sendiri, kamu jadi punya alasan jalan-jalan ke kota lain untuk ketemu pacar

Bisa jalan-jalan ke kota lain.

Sumber

Kadang suntuk juga ‘kan dengan suasana di kota sendiri. Apalagi jika kamu setiap hari melakukan rutinitas yang hampir sama dan cenderung monoton. Rasanya ingin sekali pergi dari kota sejenak untuk menghilangkan penat. Nah, jika kamu menjalin hubungan jarak jauh, ini bisa jadi alasan untuk jalan-jalan ke kota tempat pasanganmu tinggal. Selain bisa menghilangkan penat, jalan jalan ke kota pacar juga bisa menghilangkan rindu juga, lho.

6. Tanpa ada kewajiban untuk kencan dengan pasangan, kamu jadi bisa lebih banyak menabung untuk investasi masa depan

Bisa menabung lebih banyak

Sumber

Saat pacaran satu kota, biasanya akan ada jadwal khusus untuk kencan dengan pasangan. Entah pergi ke mall, nonton, atau makan malam romantis di kafe kekinian. Jadwalnya cukup sering, kadang membuat pengeluaranmu jadi membeludak. Tabungan pun nyaris tidak punya.

Saat sedang menjalin hubungan jarak jauh seperti ini, kamu jadi tidak ada kewajiban untuk kencan bersama pasangan lagi. Pengeluaran juga jadi berkurang banyak. Kewajibanmu sekarang hanya membeli pulsa, kuota, dan tiket mudik saja. Sudah pasti akan ada uang sisa yang bisa dianggarkan untuk menabung dan membeli rumah untuk investasi masa depan.

Meskipun kelihatannya mustahil bisa membeli rumah dengan tabungan itu, tapi kalau membelinya di Perumahan Permata Bogor Residence pasti bisa kok. Karena disini terdapat banyak promo dan diskon menarik. Bahkan kamu tidak perlu pusing memikirkan uang muka yang mahal, karena Perumahan Permata Bogor menawarkan DP ringan yang tidak memberatkan pembeli. Nggak percaya? Langsung cek di sini aja deh!

Nggak disangka ya ternyata ada banyak banget keuntungan dari menjalani hubungan jarak jauh. Mulai dari kemandirian dan kesabaran yang terlatih, hingga bisa menyisihkan tabungan untuk membeli rumah impian. Temukan rumah impianmu di sini ya!

KPR Ditolak? Coba Deh Cek Dulu 6 Hal yang Membuat Pengajuan KPR Ditolak

Banyak orang selalu memimpikan punya rumah pribadi. Terlebih jika sudah memasuki usia matang dan berkeluarga. Kebutuhan akan rumah pribadi yang dapat menampung semua anggota kerluarga pun jadi semakin mendesak. Namun sayangnya, harapan ini sering terbentur dengan masalah KPR yang ditolak oleh bank. Hal ini membuat mimpi punya rumah impian jadi kandas.

Saat dapat surat penolakan dari bank, pasti banyak yang merasa stres dan frustrasi. Tapi jangan risau, sebelum menyerah, coba cek dulu penyebab KPR ditolak berikut ini. Kalau sudah tahu penyebabnya, kamu akan lebih mudah menemukan solusi demi mendapatkan rumah impianmu.

1. Coba cek kelengkapan dokumen. Mungkin ada dokumen yang belum dilengkapi secara sempurna

Coba cek dulu kelengkapan dokumennya. Mungkin ada yang kelupaan

Sumber

Saat mengajukan KPR, pasti ada berkas-berkas yang harus dilengkapi dan diserahkan kepada bank. Mulai dari identitas diri, slip gaji, dan lain-lain. Biasanya berkas itu jumlahnya cukup banyak dan agak ribet.

Nah, bagi kamu yang KPR-nya ditolak, mungkin saja ada dokumen yang belum dilengkapi. Coba deh cek sekali lagi apakah semua dokumen yang diminta oleh bank sudah ada dalam berkas yang diajukan. Karena bisa jadi, KPR-mu ditolak karena ada dokumen yang kurang lengkap.

2. Gaji tidak mencukupi dan usia peminjam sudah melewati batas usia yang telah ditentukan

Gaji tidak mencukupi dan usia suda melewati batas

Sumber

Syarat terpenting dalam pengajuan KPR adalah gaji yang mencukupi. Artinya, gaji yang kamu mencukupi untuk pengajuan KPR, baik berdasarkan gaji sendiri atau gaji gabungan antara suami dan istri. Selain itu, syarat KPR di bank adalah batas usia peminjam tidak lebih dari 55 tahun untuk angsuran terakhir. Bisa jadi pengajuan KPR ditolak oleh pihak bank karena usiamu saat mengajukan sudah melampaui batas tersebut.

Semisal sekarang kamu sudah berusia 35 tahun dan akan mengambil KPR yang asurannya 20 tahun, maka angsuran terakhir adalah saat usiamu sudah 55 tahun. Hal inilah yang membuat pengajuan KPRmu ditolak. Karena usia maksimalnya adalah 55 tahun. Jadi lebih baik kalau mau mengajukan KPR, mulai dari usia muda saja.

3. Tidak jujur dan catatan keuangan konsumen dinilai buruk berdasarkan BI Checking

Reputasi buruk dan tidak jujur

Sumber

Pengajuan KPR akan gagal apabila kamu tidak jujur soal kondisi finansialmu. Misalnya saja kamu punya hutang/kredit, tapi tidak mengaku padahal data tersebut bisa diperiksa melalui BI Checking.

Bagi kamu yang sudah sering mengambil kredit di bank, harus memperhatikan penilaian konsumen berdasarkan BI Checking berikut ini. Karena bisa jadi nanti KPR-mu ditolak karena berkasmu dinilai buruk oleh BI. Penilaian ini berdasarkan status riwayat kredit seseorang yang tercatat dalam SID (Sistem Informasi Debitur) Bank Indonesia.

Nantinya, performa kreditmu akan diberikan skor dari skala 1-5.

  • Skala 1 : Kualitas kredit baik (peminjam tidak pernah menunggak cicilan pembayaran)
  • Skala 2 : Kredit Dalam Perhatian Khusus (peminjam tercatat punya tunggakan pembayaran cicilan sampai 90 hari)
  • Skala 3 : Kredit tidak lancar (peminjam tercatat punya tunggakan pembayaran cicilan sampai 120 hari)
  • Skala 4 : Kredit diragukan (peminjam tercatat punya tunggakan pembayaran cicilan sampai 180 hari)
  • Skala 5 : Kredit macet (peminjam tercatat punya tunggakan pembayaran cicilan lebih dari 180 hari)

Nah, jika kamu sempat mengalami kredit macet, bisa jadi ini yang membuat KPRmu ditolak. Karena bank sudah memiliki penilaian tentang kualitas kreditmu.

4. Pastikan untuk mengangkat telepon pada saat di verifikasi oleh pihak bank

Jangan lupa angkat telepon dari bank

Sumber

Hal sepele yang sering membuat pengajuan KPR ditolak adalah konsumen kadang tidak mengangkat telepon jika ada kontak yang tidak dikenal. Tentu saja ini membuat pihak bank kesulitan menghubungi konsumen yang melakukan pengajuan kresit. Karena terkadang bank akan menelepon konsumen untuk mengkonfirmasi beberapa hal.

5. Developer rumah abal-abal

developer yang dipilih abal-abal

Sumber

Banyak yang tidak mengecek tentang reputasi pengembang rumah atau developer sebelum mengajukan KPR ke bank. Tapi sebenarnya hal ini penting untuk dilakukan karena pihak bank tidak akan menyetujui KPR dari pengembang rumah yang abal-abal atau tidak terpercaya. Namun hal ini tidak akan terjadi jika kamu membeli rumah di Perumahan Permata Bogor Residence. Pengembang yang sudah terjamin dan terpercaya, membuatmu bisa mengajukan pinjaman KPR ke bank. Hal ini dibuktikan dengan adanya kerjasama KPR antara pihak perumahan Permata Bogor Residence dan beberapa bank terpercaya.

6. Jenis pekerjaan, status kepegawaian dan masa kerja dianggap tidak memenuhi syarat

perhatikan jenis pekerjaan

Sumber

Syarat lainnya untuk bisa mengajukan KPR adalah memperhatikan jenis pekerjaan, status kepegawaian, dan masa kerja. Antara pegawai negeri, karyawan swasta, dan wirausahawan tentu akan dibedakan. Umumnya, pegawai negeri dan karyawan swasta akan lebih mudah mengajukan KPR karena dianggap memiliki penghasilan yang stabil. Selain itu, status sebagai pegawai tetap atau kontrak juga akan sangat berpengaruh. Masa kerja lebih dari dua tahun dan sudah melewati masa percobaan (menjadi karyawan tetap) memiliki peluang lolos KPR lebih tinggi. Jadi jika kamu sekarang masih tercatat sebagai karyawan magang atau masa kerjanya kurang , mungkin kamu harus menunggu sampai bisa memenuhi syarat tersebut.

7. Rumah yang diincar tidak bekerjasama dengan bank yang dituju

Rumah yang akan dibeli tidak bekerja sama dengan bank

Sumber

Hal yang mungkin bisa membuat KPR-mu ditolak adalah rumah yang diincar tidak bekerja sama dengan bank yang dituju. Tentu saja hal ini akan membuat pengajuanmu ditolak. Bagaimana bisa diterima kalau bank dan pihak developer tidak ada kerjasama. Iya, kan?

Maka dari itu sebelum mengajukan KPR cek dulu bank mana yang bekerja sama dengan rumah idamanmu. Seperti Perumahan Permata Bogor Residence yang tercatat memiliki kerjasama dengan beberapa bank seperti BTN, BTN Syariah, dan Mandiri Syariah. Dengan memastikan bank yang bekerja sama, kamu akan lebih cepat memiliki rumah impian.

 

Jadi jika pengajuan KPRmu ditolak oleh bank, jangan langsung risau dan menyerah. Coba cek dulu beberapa hal yang tadi sudah dijabarkan terutama developer dan bank yang bekerja sama. Agar tidak salah sasaran, lebih baik kamu membeli rumah di perumahan yang sudah jelas terpercaya seperti Perumahan Permata Bogor Residence. Pastinya ada banyak penawaran menarik dan DP yang ringan. Yuk, langsung cek informasi lengkapnya di sini!