Saat Cari Rumah, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Perhatikan. Karena Kayak Pasangan, Beli Rumah Juga Jodoh-Jodohan!

Membeli rumah beda dengan membeli baju yang asal lucu dan murah, langsung deh kamu membelinya tanpa banyak pikir. Sebaliknya, membeli rumah butuh perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan banyak faktor yang nggak boleh kamu lakukan secara asal-asalan. Karena sejatinya membeli rumah sama kayak mencari pasangan yang juga jodoh-jodohan, maka kamu juga harusnya memantaskan diri dengan memperhatikan 6 hal ini sebelum fix dengan pilihan rumah idamanmu.

Continue reading

Cara-Cara yang Kadang Orang Nggak Kepikiran, Tapi Bisa Hemat Sampai 2 Jutaan Per Bulan

Kita sadar bahwa menabung adalah hal penting yang harus segera dilakukan demi masa depan . Tapi terkadang, niat ini sulit banget direalisasikan karena gaji masih pas-pasan dan kebutuhan hidup yang semakin tinggi. Apalagi banyaknya godaan, seperti ajakan teman untuk nonton film di bioskop, nongrong di cafe atau barang diskonan, membuat kita semakin gagal menabung setiap bulannya. Hal ini membuat generasi milenial semakin sulit membeli aset properti sendiri karena gaya hidup yang tinggi. Isu ini juga dibuktikan melalui riset dan analisa salah satu portal karir dan portal properti yang ada di Indonesia.

Continue reading

Ingin Masa Tuamu Lebih Terjamin? Lakukan 7 Langkah Ini Sedari Muda!

“Ah masih muda, ngapain mikirin hari tua, mikirin masa pensiun. Kejauhan! Mending senang-senang dulu selagi bisa!”

Pernah dengar atau bahkan mengucapkan kalimat yang senada dengan kalimat di atas? Kalau iya, coba pikirkan lagi deh, apa iya kita nggak perlu memikirkan hari tua dari sekarang? Padahal kalau kita kini terlalu acuh dan nggak mau mikirin hari tua, bisa-bisa kita akan menjalani masa tersebut dengan sangat tidak bahagia, lho.

Continue reading

Abis Terima Bonus Awal Tahun? Jangan Sampai Menguap Begitu Saja. Sisihkan Juga Untuk 6 Hal Berikut Ini

Buat karyawan yang bekerja di perusahan nasional atau multinasional, pasti sudah menunggu-nunggu bonus awal tahun sejak beberapa bulan lalu. Karena biasanya di penghujung sampai awal tahun kemarin, perusahaan akan memberikan bonus tambahan kepada para karyawan sebagai bentuk apresiasi. Jumlahnya yang cukup besar terkadang sering membuat terlena. Bahkan sering bonus tersebut cepat habis untuk hal-hal yang tidak begitu penting.

Nah, daripada bonus awal tahun yang diterima menguap begitu saja, lebih baik sisihkan juga untuk 6 hal ini agar lebih bermanfaat. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Continue reading

Sedang Menyusun Resolusi Tahun Baru? Masukkan 7 Hal Ini demi Masa Depan Cerah!

Tahun baru bagi banyak orang bukanlah pergantian tahun semata. Awal baru ini seringkali diartikan sebagai kesempatan baru untuk mewujudkan berbagai mimpi yang mungkin belum sempat terwujud. Karena itu, banyak orang yang lantas melakukan perencanaan untuk kehidupannya melalui resolusi tahun baru.

Continue reading

Biar Nggak Tertipu Investasi Bodong, Ini 5 Jenis Investasi Aman yang Bisa Kamu Lakukan!

 

Bagi kamu yang sudah menginjak dunia kerja dan berpenghasilan, mengatur keuangan jadi hal yang penting untuk dipikirkan. Salah satu bagian dari pengaturan keuangan yang seringkali dilewatkan dan dianggap nggak penting padahal sebenarnya sangat bermanfaat adalah investasi. Selain menabung, investasi adalah salah satu cara untuk memastikan hari esokmu lebih aman.

Tapi investasi nggak boleh sembarang investasi, lho. Karena sekarang ini banyak sekali investasi ‘bodong’, yaitu penipuan berkedok investasi. Biasanya, investasi ‘bodong’ ini akan menawarkan keuntungan yang luar biasa tinggi, namun dengan risiko yang rendah. Siapa coba yang nggak tergiur dengan skema seperti ini? Tapi tetap saja, siapapun yang terjerat investasi ‘bodong’, pasti akan mengalami kerugian yang nggak sedikit. Nah, biar nggak tertipu investasi bodong, lebih baik kamu lakukan 5 jenis investasi aman seperti di bawah ini. Yuk, simak!

1. Investasi emas

Membeli emas bisa jadi opsi

sumber gambar

Salah satu jenis investasi yang paling mudah adalah investasi emas. Karena kita hanya perlu membeli emas dengan jumlah gram sesuai dengan uang yang kita miliki. Dan kalau kita ingin memanfaatkan jenis investasi yang satu ini, kita bisa juga lho mengenakannya. Namun investasi emas juga punya beberapa kekurangan nih. Yang pertama, jika kita membeli emas berbentuk perhiasan, maka jumlah gram emas akan berkurang saat dijual kembali karena dikurangi jumlah berat batu hiasannya. Yang kedua, kenaikan emas pertahunnya nggak begitu tinggi, sedangkan saat menjual emas kembali terdapat pengurangan nilai emas sehingga jika kita tidak menyimpan emas dalam jangka waktu panjang, maka kita justru akan rugi.

2. Investasi saham di Perusahaan Terbuka

Mainan saham seperti Kevin Aprilio? Boleh juga

sumber gambar

Investasi saham memang sangat menggiurkan. Kita bisa mendapat keuntungan besar dari jual-beli saham. Bahkan banyak orang yang bisa jadi tajir melintir berkat bermain saham seperti Kevin Aprilio. Tapi, bermain saham membutuhkan modal yang nggak sedikit. Kira-kira, kita bisa memulai investasi saham dengan dana Rp 1.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-.

Akan tetapi kita harus jeli melihat potensi perusahaan yang sahamnya kita beli. Kita harus bisa pastikan bahwa perusahaan tersebut akan berkembang lebih besar sehingga akan menguntungkan bagi kita di kemudian hari. Meski mungkin keuntungan yang kita dapatkan bisa jadi sangat tinggi, tapi risiko dari investasi saham juga besar lho. Kalau tiba-tiba perusahaan yang kita investasikan bangkrut, atau mengalami skandal sehingga nilai sahamnya turun, duh, kertas bukti kepemilikan saham kita bisa jadi nggak berharga.

3. Investasi properti

Membeli rumah, investasi untuk keluarga kelak

sumber gambar

Investasi properti berbentuk rumah itu sangat penting bagi kehidupan kita dan jaminan hari tua kita. Dengan investasi properti berupa rumah, kamu nggak cuma membekukan asetmu dalam bentuk rumah, tapi investasi itu juga bisa kamu tinggali dan menjadi atap pelindung bagi keluarga kecilmu kelak. Meski bagi kita yang baru saja menjejaki dunia kerja, investasi properti mungkin terasa ‘berat’, tapi sebenarnya investasi properti ini bisa banget kok kita lakukan. Selama kita tahu berbagai informasi dan promo yang ada di sekitar kita. Belum lagi dengan skema pembayaran KPR dan keringanan DP dari pihak pengembang, seperti di Permata Bogor Residence, investasi properti bukan hal mustahil. Cek di sini deh untuk info lengkapnya!

Tapi kita juga nggak bisa asal investasi properti ya, kita harus cermati properti yang akan kita beli. Jangan sampai kita membeli properti dari perusahaan pengembang yang banyak skandalnya, karena akan berpengaruh lho dengan nilai investasi properti tersebut kedepannya. Jangan sampai nih tertipu iklan properti yang kayaknya heboh, mewah, dan dimana-mana, eh ternyata izin membangun dari pemerintah saja belum dikantongi oleh pengembang. Kan investasi properti kita jadi illegal dan nggak menguntungkan.

4. Reksa Dana

Reksadana juga bisa jadi pilihan

sumber gambar

Reksa dana juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berinvestasi secara berkala. Program ini biasanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan jasa pengatur investasi. Hampir sama seperti saham, dengan membeli produk reksa dana, uang kita akan diputar oleh perusahaan yang nanti sudah dipilihkan oleh penyedia produk reksa dana. Dengan investasi ini pun kita bisa memilih berbagai produk dengan jangka waktu dan tingkat keuntungan yang berbeda. Tapi ingat ya, semakin tinggi keuntungan maka akan semakin besar juga risiko kerugiannya. Dan sama pula seperti saham, kita juga bisa mengalami kerugian karena nilai investasinya naik turun. Sehingga kita harus hati-hati saat menjual, jangan sampai ketika harga sahamnya anjlok.

5. Deposito

Membuka tabungan deposito juga bisa dilakukan

sumber gambar

Deposito adalah bentuk investasi yang paling aman untuk dilakukan karena kita hanya menyimpan uang di bank untuk jangka waktu beberapa tahun. Dengan menyimpan uang tersebut, kita akan mendapatkan bunga secara berkala yang nanti dapat kita ‘cairkan’ setelah jangka waktu deposito berakhir. Tapi sebagaimana yang telah dinyatakan di atas, risiko minim maka keuntungan pun juga minim. Begitu pula dengan deposito, keuntungan yang kita dapatkan tidak akan banyak meskipun tetap lebih banyak dari menabung biasa di bank.

Memang di luar sana ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kita lakukan. Dari yang menawarkan keuntungan besar hingga kecil, dari yang berjangka waktu pendek hingga panjang. Sekarang kembali kepada kita lagi untuk pintar-pintar memilih jenis investasi yang cocok dan menguntungkan bagi kita.

Bagaimanapun, memang cara paling baik untuk berinvestasi adalah dengan jenis investasi yang pasti seperti investasi rumah masa depan. Nggak hanya berinvestasi materi, membeli rumah juga merupakan investasi bagi kehidupan keluargamu dan kenyamanan hari tuamu. Apalagi jika rumah yang kita beli adalah rumah dengan lokasi strategis serta potensial seperti di Permata Bogor Residence, dijamin investasi propertimu akan jadi sangat menguntungkan. Berminat menyiapkan investasi rumah masa depanmu, langsung cek di sini aja!

Rumah Impianmu Investasi yang Menguntungkan Nggak Ya? Begini Cara Membuktikannya!

Keputusan untuk membeli rumah bukanlah keputusan yang mudah diambil. Seperti mencari jodoh, mencari rumah pun harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan kemantapan hati. Bukan hanya perkara struktur dan kondisi rumah yang akan di beli, bahkan nilai investasi rumah tersebut dan potensinya ke depan pun harus menjadi bahan pertimbangan.

Pasalnya, rumah yang akan kita beli ini akan melekat dengan kehidupan kita kelak dan merupakan salah satu bentuk asset tetap yang harus kita pertimbangkan potensi keuntungan maupun kerugiannya sebelum kita putuskan untuk beli. Nah, lalu apa saja bahan pertimbangan yang kita perlukan untuk menentukan apakah rumah impian kita adalah investasi yang menguntungkan? Yuk simak!

1. Apakah rumah pilihanmu berada dekat dengan berbagai fasilitas umum?

Adakah stasiun kereta dekat rumahmu?

sumber gambar

Lokasi rumah akan sangat memengaruhi kehidupan kita ke depannya. Maka, lokasi rumah harus menjadi salah satu pertimbangan utama yang nggak boleh dilewatkan. Salah satu pertanyaan yang harus diajukan saat mempertimbangkan lokasi calon rumah adalah jaraknya dengan berbagai fasilitas umum mendasar. Seperti sekolah, rumah sakit, kantor polisi, dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, akses transportasi seperti stasiun kereta dan akses jalan tol juga harus kamu pertimbangkan, ya. Karena dengan rumah seperti di Permata Bogor Residence yang dekat dengan stasiun kereta Cilebut dan akses tol BORR, maka potensi pengembangan kawasan di sekitar akan jauh lebih pesat.

2. Seberapa jauh jaraknya dari pusat keramaian?

jauh nggak dari pusat kota?

sumber gambar

Jarak lokasi rumah dengan pusat keramaian akan sangat menentukan potensi kawasan, lho. Karena biasanya pembangunan dilakukan secara melebar dari titik pusat keramaian. Sehingga rumah seperti di Permata Bogor Residence yang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian dan memiliki akses langsung ke jalan besar menuju pusat kota, akan mengalami tingkat pembangunan yang cukup drastis. Pembangunan ini akan sangat memengaruhi nilai investasinya untuk turut naik dengan pesat juga.

3. Bagaimana potensi bencana di sekitarnya?

Jangan pilih rumah yang rawan banjir!

sumber gambar

Bagi kita yang ingin tinggal di area Jabodetabek yang terkenal mengalami banjir tahunan, tentu saja kita harus mengetahui apakah rumah yang akan kita beli menjadi salah satu rumah yang terdampak bencana banjir. Karena rumah yang bebas banjir seperti di Permata Bogor Residence jelas akan lebih diminati orang sehingga kenaikan nilai investasinya akan cukup cepat pula.

4. Bagaimana perkembangan lingkungan di sekitar rumah pilihanmu?

Pastikan tren pembangunannya positif!

sumber gambar

Untuk menaksir potensi investasi rumah dengan jelas dan pasti, kita dapat benar-benar menilik perkembangan lingkungan di sekitar rumah impian. Jika tampak terlihat pembangunan di sana-sini dan lingkungan terasa bertambah ‘hidup’ dengan ramainya pemukiman serta pusat-pusat pertokoan, maka kawasan tersebut memang sedang aktif melakukan pembangunan. Dengan perkembangan yang positif seperti ini, tentu saja nilai investasi rumah akan terus meningkat. Sehingga dapat dinyatakan bahwa lokasi tersebut potensial.

5. Coba cermati persentase kenaikan harga rumah disekitarnya, apakah tinggi?

Harga rumah yang stagnan bisa jadi tanda buruk!

sumber gambar

Nah jurus pasti lainnya untuk menakar potensi investasi suatu rumah adalah dengan mengamati kenaikan harga rumah di sekitarnya. Jika tingkat kenaikan harga rumah-rumah di kawasan tersebut cukup pesat, maka bisa dipastikan bahwa rumah tersebut merupakan investasi yang baik dan memiliki potensi pengembangan yang positif. Seperti rumah di Permata Bogor Residence yang nilai investasinya berhasil meningkat sebanyak 51% dalam 2 tahun terakhir, coba bayangkan berapa nilai rumah di sana 10 tahun mendatang? Tentu akan berkali lipat, bukan? Karena itu, rumah di Permata Bogor Residence jelas merupakan bentuk investasi yang menguntungkan. Cek di sini ya untuk informasi lengkapnya.

Kelima pertanyaan di atas menjadi pertanyaan wajib yang harus kita jawab sebelum memutuskan untuk membeli rumah impian. Karena mengetahui potensi dan nilai investasi rumah akan berpengaruh pada kehidupan kita ke depannya dan masa depan kita. Membeli rumah tidaklah sesederhana untuk menjadi tempat tinggal semata, karena rumah merupakan bentuk investasi yang juga harus kita lihat potensi masa depannya. Rumah dengan nilai investasi yang baik seperti Permata Bogor Residence, tidak hanya nyaman untuk ditinggali karena lokasinya yang strategis, tapi juga akan menjamin masa depan hari tuamu.

Mau Beli Rumah? Inilah 6 Keuntungan Membeli Rumah dengan Cara KPR

Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Apalagi jika sudah berkeluarga, desakan untuk segera memiliki rumah sendiri jadi lebih besar dibandikan saat masih melajang. Namun sayangnya, harapan dan impian ini sering terbentur dengan masalah biaya. Harga rumah yang sekarang bisa dikatakan tidak murah, membuat orang kesulitan memilikinya. Terlebih kenaikan gaji kadang tidak sebanding dengan kenaikan harga tanah yang melambung tinggi.

Untungnya, sekarang sudah ada sistem KPR yang bisa membantu kita untuk memiliki rumah idaman dengan mudah. Selain bisa langsung menghuni rumah meski belum melunasi pembayaran, kita juga mendapat berbagai manfaat lainnya, lho. Penasaran? Yuk simak kelebihan membeli rumah dengan cara KPR berikut ini!

1. Biaya awal lebih ringan

Biaya awal lebib ringan

Sumber gambar

Membeli rumah dengan cara KPR membuat kita tidak perlu memiliki dana besar di awal. Cukup dengan menyediakan anggaran sebesar 10 – 15% dari harga rumah, kamu bisa langsung memiliki rumah idamanmu. Hal ini karena bank akan menanggung pendanaan KPR untuk 85 – 90% dari harga rumah dan bisa dicicil kemudian setiap bulannya. Enak banget ‘kan? Kamu bisa klik di sini untuk tahu info KPR dengan DP ringan dan aneka promo menarik.

Apalagi jika kamu memilih rumah yang menawarkan DP ringan seperti di Perumahan Permata Bogor Residence. Dengan promo khusus dan diskon menarik, kamu akan dapat manfaat yang lebih banyak.

2. Legalitas lebih terjamin

Rumah sudah dilengkapi dengan sertifikat.

Sumber gambar

Legalitas dari hunian akan lebih aman dan terjamin jika kamu membeli rumah dengan cara KPR. Keabsahan surat tanah dan bangunan pun akan lebih terpercaya, karena pihak bank tidak akan membiayai pembelian rumah yang tidak dilengkapi sertifikat. Jadi sudah bisa dipastikan jika kamu mendapat KPR, rumahmu pasti legal dan aman. Nggak mau kan sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli rumah tapi surat-surat dan legalitas rumah belum jelas.

3. Rumah dapat langsung dihuni meskipun belum lunas cicilan KPR di Bank

Rumah bisa langsung dihuni.

Sumber gambar

Nggak usah ragu beli rumah dengan cara KPR. Karena setelah permohonan KPR sudah disetujui oleh bank, kamu sudah memiliki hak penuh atas rumah tersebut tanpa menunggu cicilan lunas. Itu berarti kamu dan keluarga bisa langsung menempati rumah baru saat itu juga. Hal ini berbeda jika kamu membayar dengan cara cash bertahap. Karena jika memilih cash bertahap, kamu baru bisa menempati rumah saat pembayaran rumah sudah dilunasi.

4. Reputasi pengembang terjamin

Reputasi pengembang terjamin.

Sumber gambar

Hal yang sudah pasti kalau kita membeli rumah dengan cara KPR adalah reputasi pengembang terjamin. Sama halnya dengan legalitas rumah, saat KPR sudah disetujui oleh bank, maka reputasi pengembang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena bank hanya menyetujui pembelian rumah secara KPR dari pengembang yang reputasinya sudah terpercaya. Pasalnya, bank yang mengambil keuntungan dari bunga kredit akan rugi jika tiba-tiba pengembang membatalkan atau mundur dari pembangunan rumah.

Seperti Pengembang Perumahan Permata Bogor Residence yang terbukti memiliki reputasi baik. Karena selama ini mereka sudah menjalin kerjasama dari beberapa bank yang membiayai sistem KPR dan beberapa rumah yang sudah terjual juga menggunakan sistem ini. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa reputasi pengembangnya terjamin dan terpercaya.

5. Harga rumah selalu naik sehingga rumah KPR bisa dijadikan investasi jangka panjang

Harga rumah selalu meningkat setiap tahun.

Sumber gambar

Salah satu manfaat terbesar membeli rumah dengan cara KPR adalah nilai rumah yang dibeli saat ini akan terus meningkat dan bisa dijadikan investasi jangka panjang. Coba bayangkan jika harus menunggu tabunganmu cukup sampai bisa membeli rumah sendiri. Bisa dipastikan bahwa kamu akan rugi puluhan hingga ratusan juta karena harga tanah di kemudian hari semakin melonjak tinggi.

Semisal tahun ini harga rumah yang kamu incar adalah Rp 500 juta dan 5 tahun kemudian harganya naik jadi Rp 800 juta, kamu akan rugi Rp 300 juta jika tidak membelinya dari sekarang. Maka dari itu, salah satu keuntungan membeli rumah dengan cara KPR adalah bisa membeli rumah dengan harga murah saat ini dan mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dikemudian hari. Karena harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

6. Rumah memiliki asuransi

Rumah langsung memiliki asuransi.

Sumber gambar

Keuntungan lainnya jika membeli rumah dengan cara KPR adalah kamu bisa mendapat proteksi dan asuransi rumah secara langsung. Karena saat mengajukan KPR ke bank, asuransi rumah adalah syarat mutlak yang harus dimiliki. Biasanya, premi asuransi akan dimasukkan dalam cicilan bulanan KPR. Hal ini ditujukan untuk menghindari kebakaran dan hal-hal yang tidak diinginkan pada rumah Anda.

Banyak banget ‘kan keuntungan kalau kita membeli rumah dengan cara KPR. Selain dapat keuntungan investasi jangka panjang, kamu juga bisa menikmati DP ringan, legalitas, dan reputasi pengembang yang terjamin. Seperti di Permata Bogor Residence misalnya, kamu bisa lho mendapatkan keringanan DP dan aneka promo menarik yang menguntungkan. Kalau kamu ingin tahu informasi lebih lengkapnya, bisa klik di sini ya!

Setelah Menikah, Inilah Pentingnya Punya Rumah Sendiri

Pengantin baru biasanya akan memiliki pertimbangan sendiri untuk tinggal dimana setelah menikah. Entah itu tinggal di rumah orang tua, kontrak rumah, atau di rumah sendiri – semuanya sudah mereka pikirkan dengan matang terkait kelebihan dan kekurangannya.

Meskipun terlihat sangat menggiurkan untuk tinggal di rumah orang tua karena jadi lebih praktis dan nyaman, tapi punya rumah sendiri sebenarnya lebih banyak manfaatnya, lho. Kenapa? Simak alasannya, yuk!

 

1. Mendapat keuntungan investasi di masa depan, mengingat harga rumah terus naik

Investasi rumah menjanjikan

Sumber gambar

Ini nih manfaat paling mantab jika punya rumah sendiri. Kamu dan pasangan jadi punya investasi rumah yang sangat menguntungkan di kemudian hari. Apalagi harga rumah tiap tahun selalu meningkat. Kalau kamu dan pasangan sudah beli rumah dari sekarang, beberapa tahun kemudian, nilai investasi rumahmu akan meningkat drastis.

Karena itu, lebih baik dari sekarang kamu dan pasangan membeli rumah yang nilai investasinya selalu meningkat seperti di Permata Bogor Residence misalnya. Dalam waktu 2 tahun saja, nilai investasi di perumahan ini sudah naik hingga 51%. Selain itu perumahan ini juga berada di lokasi strategis dan dekat dengan pusat kota Bogor. Jadi, menguntungkan banget ‘kan? Kamu bisa cek info lengkapnya di sini!

 

2. Kamu bisa belajar hidup mandiri bersama pasangan di rumah sendiri

Belajar hidup mandiri

Sumber gambar

Berada di rumah sendiri dengan pasangan tentu akan membuatmu lebih mandiri. Mulai dari bersih-bersih rumah, masak, hingga cuci baju, semuanya mau nggak mau harus dilakukan sendiri. Kalau kamu masih di rumah orang tua, pasti kemandiriannya akan kurang terlatih karena ada orang tua yang membantu melakukan berbagai hal tersebut. Selain itu, mengerjakan berbagai pekerjaan rumah dengan pasangan bisa meninggkatkan keharmonisan juga, lho.

 

3. Di rumah sendiri kamu bebas mengatur barang tanpa perlu berkompromi dengan orang tua

Bebas mengatur dekorasi

Sumber gambar

Jika punya rumah sendiri, kamu akan lebih bebas mengatur berbagai perabot di dalam rumah. Coba bayangkan kalau kamu tinggal bersama orang tua, selain tidak akan bebas mengatur barang, kamu juga akan kesulitan menyesuaikan tema dekorasi karena selera yang berbeda.

 

4. Agar lebih bisa lebih bertanggung jawab dengan keluarga sendiri

Lebih bertanggung jawab

Sumber gambar

Dengan tinggal di rumah sendiri, kamu dan pasangan akan terlatih untuk bisa lebih bertanggung jawab dengan keluarga. Istri jadi lebih peka dengan pekerjaan rumah karena tidak ada yang akan mengerjakan selain dia, dan suami juga akan lebih bertanggung jawab dalam mencari nafkah karena kebutuhan semakin banyak. Jadi masing-masing akan lebih paham mana tanggung jawabnya saat tinggal di rumah sendiri.

 

5. Jika ada masalah dengan pasangan, tidak perlu sampai kedengaran oleh orang tua

Pertengkaran tidak terdengar orang tua

Sumber gambar

Dalam hubungan suami istri, nggak bisa dipungkiri bahwa akan ada saat dimana keduanya saling tidak sepaham yang biasanya berakhir dengan pertengkaran. Kalau sudah seperti ini, kadang masing-masing tidak bisa mengendalikan diri sampai terjadi percekcokan. Coba bayangkan jika kalian masih tinggal di rumah orang tua. Selain kamu dan pasangan akan malu karena pertengkaran bisa didengar oleh keluarga, masalah ini juga bisa jadi rumit jika mereka ikut campur dalam hal ini.

 

6. Di rumah sendiri dengan lingkungan yang baru, kamu bisa lebih mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan tetangga

Sosialisasi dengan tetangga

Sumber gambar

Saat memilih tinggal di rumah sendiri, kamu dan pasangan bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan lebih baik. Karena di lingkungan baru kamu dan pasangan harus mulai berkenalan dengan tetangga di kanan kiri. Selain bisa menambah relasi, menjalin hubungan baik dengan tetangga juga menguntungkan di kemudian hari. Semisal nanti kamu ada hajatan, orang pertama yang akan membantu selain keluarga adalah tetangga di samping rumah ‘kan.

Nah, salah satu lingkungan rumah yang nyaman dan menyenangkan adalah Perumahan Permata Bogor Residence. Disini sebagian besar penghuninya adalah keluarga muda yang juga baru memulai kehidupan berumah tangga. Sehingga kamu dan pasangan yang notabene adalah pengantin baru, akan lebih nyambung ngobrolnya karena berada di kisaran usia yang sama.

Kehidupan setelah menikah nantinya akan lebih menantang dan mendebarkan. Tidak hanya menghindari masalah, dengan tinggal di rumah sendiri kamu akan meningkatkan kemampuan bersosialisasi, kemandirian, dan tanggung jawab. Selain itu, kamu juga bisa mendapat keuntungan berupa investasi untuk masa depan. Ingin segera memiliki rumah sendiri? Cek informasi lengkapnya di sini aja!

Sebelum Memutuskan untuk Menikah, Tanyakan 5 Hal Ini Pada Pasangan

Siapa sih yang tidak ingin menikah? Merasakan asiknya membangun keluarga sendiri bersama seseorang yang kita pilih untuk cintai seumur hidup. Apalagi kini tren menikah di usia muda pun semakin ramai dan membuat banyak orang seperti berlomba-lomba untuk menemukan jodoh dan menikah sesegera mungkin.

Tapi sebenarnya kalau kita mau berpikir lebih dalam dan tidak semata terbawa arus tren, memutuskan untuk menikah itu tidak semudah menjawab “Ya, aku mau menikah denganmu” saja lho. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah agar kehidupan rumah tanggamu dengan pasangan kelak berjalan dengan mulus karena kamu dan pasangan telah dapat mempersiapkan segalanya dari awal pernikahan atau bahkan sebelum masuk ke kehidupan rumah tangga. Nah berikut pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada pasanganmu sebelum kalian memutuskan untuk menikah. Simak, ya!

1. “Sayang, kira-kira dua sampai lima tahun ke depan kamu punya rencana apa?”

Bicarakan visi kalian

sumber gambar

Pertanyaan ini wajib banget kamu tanyakan kepada pasangan, karena kamu harus tahu bagaimana visi pasanganmu dan apakah visi tersebut cocok dengan visi kehidupanmu kelak. Karena saat kamu berumah tangga kelak, masa depanmu akan kamu jalani bersama dengan pasanganmu sehingga kalian harus pastikan bahwa tujuan dan impian kalian sejalan. Kan susah juga kalau kamu punya tujuan menjadi presiden sedangkan pasanganmu ingin jadi instruktur selam yang tinggal di pinggir pantai. Sederhana saja, tanyakan kira-kira apa rencananya dalam dua sampai lima tahun ke depan.

2. “Selain menabung, kamu punya rencana investasi apa sih?”

Investasi rumah itu penting!

sumber gambar

Bukan bermaksud materialistis, tapi kamu perlu tahu sejauh apa persiapan finansial pasanganmu untuk berumah tangga. Bukan berarti bahwa kalau pasanganmu belum punya asset apapun lantas kamu harus meninggalkannya, tapi ada baiknya kalau kamu paham betul kondisi finansialnya sehingga kalian bisa merencanakan segalanya dari awal.

Apalagi soal investasi rumah, karena tentu saja bagi kehidupan rumah tangga, penting sekali untuk memiliki rumah untuk berlindung kamu dan keluarga kecilmu kelak. Nggak mau kan numpang tinggal sama mertua terus atau pusing pindah-pindah kontrakan terus seumur hidup? Makanya akan lebih baik kalau kamu dan pasangan merencanakan mencicil rumah sejak dini. Sebelum menikah misalnya, kalian bisa mulai mencari informasi terkait KPR di sini. Sehingga saat sudah menikah nanti, kalian tinggal mengajukan KPR dan mewujudkan rumah kalian sendiri. Tidak ada ruginya kok mempersiapkan rumahmu sedini mungkin, apalagi di Permata Bogor Residence yang dalam jangka waktu dua tahun saja nilai investasi sudah naik hingga 51%. Menguntungkan banget ‘kan?

3. “Kalau hubungan kamu dengan keluargamu gimana, Sayang?”

Keharmonisan dengan keluarga jadi penentu

sumber gambar

Kalau kamu belum kenal lama dengan pasanganmu, mungkin kamu belum paham betul bagaimana hubungan antara pasanganmu dengan keluarganya. Padahal hubungan ia dengan keluarganya adalah sesuatu yang sedikit banyak dapat menggambarkan kehidupan keluarga kalian kelak, lho. Kalau dia saja jauh dari keluarganya atau sering bersikap kasar pada saudaranya atau orang tuanya, duh hati-hati. Bisa-bisa ia akan bersikap yang sama pada keluarga yang akan kalian bangun bersama kelak. Nggak mau kan? Karena itu kamu harus tahu dengan jelas bagaimana hubungan mereka, baik dengan bertanya langsung maupun dengan mengamati secara langsung.

4. “Setelah menikah nanti, kamu pengen kita punya anak berapa?”

yuk merencanakan jumlah anak!

sumber gambar

Pertanyaan yang satu ini meski sering dianggap nggak penting, tapi sebenarnya penting banget, lho. Iya memang kita nggak tahu akan dikaruniai anak berapa nantinya, tapi seenggaknya kalian harus punya perencanaan bersama dari awal. Karena jumlah anak akan berhubungan langsung dengan pilihan investasi rumah kalian. Punya banyak anak berarti pula bahwa kalian akan memiliki jumlah kebutuhan yang lebih banyak pula.

Karena itu, lebih baik kalian berinvestasi rumah sesegera mungkin, mengingat harga rumah mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kebutuhan saat telah memiliki anak akan jadi begitu banyak. Dan kalian pun harus pintar-pintar dalam memilih investasi rumah yang tepat, seperti di Permata Bogor Residence yang harganya cukup terjangkau tapi memberikan banyak keuntungan, mulai dari lokasinya yang strategis hingga akses transportasi yang sangat mudah. Selain itu, perumahan ini juga child friendly banget lho. Tersedia taman yang luas, playground, dan anak-anak tetangga yang seumuran buat jadi teman anakmu kelak.

5. “Menikah itu harapannya sekali seumur hidup, siapkah kamu melewati susah senang bersamaku nanti?”

sudah siap mental untuk menikah?

sumber gambar

Yang terakhir dan yang paling penting, kamu harus memastikan kesiapan mental pasanganmu untuk menghabiskan seumur hidupnya bersamamu. Harus kita akui, bahwa berumah tangga itu seperti mengarungi lautan dengan kapal yang dinahkodai oleh kamu dan pasanganmu. Dan laut tidak akan selalu tenang dan santai, kamu dan pasanganmu akan menghadapi badai, ombak yang ganas, hingga pusaran air yang kencang. Karena itu, kamu dan pasanganmu butuh kesiapan mental yang matang agar kalian dapat melewati berbagai peristiwa yang akan menghantam kehidupan rumah tangga kalian berdua kelak. Jadi, genggam tangannya, dan tanyakan padanya, “siapkah kamu melewati susah senang bersamaku selama sisa hidupmu nanti?”

Menikah memang bukanlah perkara yang mudah, tapi dengan persiapan yang matang, kalian pasti bisa melewatinya dengan baik. Bukan hanya persiapan pesta pernikahan yang harus kamu dan pasanganmu pikirkan, tapi persiakan juga kehidupan rumah tanggamu kelak. Jadi, jangan tanya apakah dia punya tabungan yang cukup untuk mengadakan pesta pernikahan, lebih baik kamu tanyakan apakah dia memiliki tabungan untuk investasi dengan membeli rumah yang tepat seperti di Permata Bogor Residence.